Ini yang Harus Kamu Lakukan Usai Lolos SNMPTN

Sebanyak 110.946 siswa dinyatakan lolos SNMPTN 2018. Apa saja langkah yang harus dilakukan setelah lolos SNMPTN?

Ini yang Harus Kamu Lakukan Usai Lolos SNMPTN
Panitia Pusat Seleksi Nasional Penerimaan Mahasiswa Baru Perguruan Tinggi Negeri (SNPMB PTN) 2018. (Liputan6.com/Devira Prastiwi)

Inibaru.id  - Kabar gembira bagi kamu yang mendaftar Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN) 2018. Mulai sore tadi (17/4/2018) kamu sudah bisa melihat hasil seleksi yang didasarkan pada nilai rapor dan prestasi siswa. Lebih dari 110 ribu siswa dinyatakan lolos dalam SNMPTN kali ini.

Ketua Panitia Pusat Seleksi Nasional Ravik Karsidi mengatakan, jumlah tersebut merupakan hasil akhir yang memenuhi kriteria panitia dari 586.155 siswa yang mendaftar.

Baca juga:
Menyoal Radikalisme di Medsos dan Gimana Mencegahnya
Menjadi Anak Muda Pelestari Mangrove, Kenapa Tidak?

“Dari 110.946 peserta yang lolos, sebanyak 28.069 peserta dari jalur Bidikmisi. Jalur itu adalah jalur bantuan biaya pendidikan kepada siswa berprestasi yang dinilai kurang mampu,” ujar Ravik di Gedung Kemendikbud, Senayan, Jakarta Pusat seperti ditulis Detik.com, Selasa (17/4).

Nah, bagi Sobat Millens yang diterima, kamu harus melakukan beberapa hal nih. Pertama, siapkan rapor dan portofolio asli untuk verifikasi data di perguruan tinggi yang menerima. Verifikasi data rencananya bakal dilaksanakan pada Selasa (8/5) mendatang di perguruan tinggi masing-masing.

Bagi kamu yang lolos SNMPTN dengan Bidikmisi, kamu juga harus menyiapkan berkas-berkas tambahan seperti Surat Keterangan Miskin (SKM) dan berkas lainnya untuk verifikasi. Pihak universitas juga biasanya melakukan survei ke alamat tempat tinggal peserta Bidikmisi tanpa mengabari terlebih dahulu. Jadi, siapkan berkas-berkas itu secara rapi agar saat ada kunjungan, kamu nggak panik mengumpulkan berkas.

Baca juga: 
Tiga Siswa SMK N 4 Malang Juarai Lomba Animasi Se-ASEAN
Kemenristekdikti Bakal Perbarui Regulasi Homebase Dosen

Bila kamu sudah verfikasi data dan dinyatakan lolos oleh pihak universitas, hal yang harus dilakukan setelah itu adalah melengkapi berkas yang disyaratkan PTN masing-masing.

Eits, kalau kamu nggak lolos SNMPTN, jangan berkecil hati, Millens. Kamu bisa ikut Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SBMPTN), lo. Pendaftaran SBMPTN sudah resmi dibuka pada 5 April lalu. Sementara itu, ujian tulis SBMPTN akan digelar bersamaan dengan verifikasi SNMPTN, dan ujian keterampilan diselenggarakan pada 9 hingga 11 Mei mendatang.

Selamat bagi kamu yang lolos SNMPTN. Jangan lupa siapkan berkas-berkasmu ya. Nah, bagi yang nggak lolos, coba saja ikut SBMPTN siapa tahu kamu bisa diterima di PTN favoritmu lewat jalur ini. Selamat mencoba! (IB18/E04)