Sebal Karena Sering Mengantuk? Ini Sebab dan Cara Mengatasinya

Sebal Karena Sering Mengantuk? Ini Sebab dan Cara Mengatasinya
Mengantuk tiba-tiba bisa jadi masalah. (Freepik via Suara)

Mengantuk ketika matahari sudah nongol nggak melulu karena keseringan begadang. Orang yang tidur tepat waktu pun bisa saja tiba-tiba mengantuk. Kurang olahraga, stres, dan konsumsi obat-obatan bisa menjadi pemicunya.

Inibaru.id - Mengantuk di luar jam tidur bisa jadi masalah. Semua aktivitas bakal terganggu karena nggak konsen saking ngantuknya. Oleh karena itu, kamu harus tahu bagaimana cara mengatasi kantuk yang datang di saat yang nggak tepat.

Tapi sebelum mengatasi rasa kantuk itu, sebaiknya kamu simak dulu mengapa orang bisa tiba-tiba mengantuk, Millens.

Penyebab Gampang Mengantuk

Rasa kantuk nggak datang tiba-tiba. Pasti ada sebab mengapa ia datang terlalu cepat. Apalagi jika kamu tipe orang yang nggak suka begadang. Bisa saja kantuk ini indikasi bahwa ada yang nggak beres dalam dirimu.

1. Kurang olahraga

Siapa di sini yang mager bener kalau disuruh olahraga? Kurang bergerak bisa menyebabkan kantuk lo. Malas olahraga bakal membuat tubuh kurang fit. Otot akan kaku dan bikin kamu gampang mengantuk termasuk ketika beraktivitas.

2. Stres

Stres bisa membuat orang gampang mengantuk karena ketidakseimbangan mental. (Freepik)
Stres bisa membuat orang gampang mengantuk karena ketidakseimbangan mental. (Freepik)

Orang yang sedang banyak pikiran atau stres cenderung mudah lelah. Hal ini karena kondisi mentalnya nggak seimbang. Kondisi tubuh yang lelah akan membuat tubuh lebih terbebani dan gampang mengantuk.

3. Kurang Darah (Anemia)

Anemia atau kekurangan sel darah merah dapat membuat seseorang mudah mengantuk dan lelah. Sebabnya, zat besi yang berkaitan dengan distribusi oksigen berkurang sehingga nggak dapat disalurkan ke seluruh tubuh.

Tubuh jadi kekurangan energi, nggak fokus, dan gampang banget mengantuk. Oleh sebab itu, kamu harus selalu mengonsumsi makanan kaya zat besi dan suplemen untuk mengatasi anemia.

4. Obat-obatan

Terkadang, mengantuk disebabkan oleh efek samping dari obat-obatan yang kamu konsumsi. Beberapa obat yang bikin ngantuk adalah antidiare dan antihistamin (obat alergi). Penting lo untuk mengetahui apakah obat yang sedang kamu konsumsi dapat menyebabkan rasa kantuk atau nggak. Jangan sampai mengonsumsi obat tersebut ketika mengendarai kendaraan ya.

Cara Menghilangkan Kantuk

Jika rasa kantukmu sudah sangat mengganggu, jangan khawatir. Ada kok cara untuk mengatasinya. Kuy simak!

1. Mengonsumsi Kafein

Salah satu cara yang dapat kamu pilih untuk membuat si kantuk pergi adalah mengonsumsi kafein seperti kopi. Kafein tinggi dalam kopi dapat menghambat zat kimia dalam otak yang menyebabkan kantuk. Penyerapan kafein juga lumayan cepat yaitu sekitar 30-70 menit. Mengonsumsi kopi juga praktis.

Tapi, jangan kebanyakan mengonsumsi kopi ya, Millens? Kantuk sih bisa hilang, tapi gangguan kesehatan juga mengintai.

2. Berolahraga Ringan

Stretching bisa menghilangkan kantuk. (Freepik)
Stretching bisa menghilangkan kantuk. (Freepik)

Kalau kamu nggak suka kopi atau minuman berkafein lain, kamu bisa berolahraga ringan. Olahraga seperti stretching dapat melenturkan otot. Selain itu, jantung juga dapat memompa darah secara alami sehingga distribusi oksigen jadi lebih baik. Otomatis, kantukmu hilang deh.

3. Mengatur napas

Berikutnya, kamu bisa menghilangkan kantuk dengan mengatur napas. Meski sederhana, cara ini cukup efektif. Caranya, coba ambil napas dari perut dan tahan selama beberapa detik untuk mengembalikan kesadaran.

Demikian, cara-cara sederhana untuk mengusir kantuk. Yuk, terapkan biar lebih produktif, Millens. (Pop/IB21/E07)