Usung Konsep Ramah Lingkungan, Podium Juara Olimpiade Tokyo 2020 Dibuat dari Sampah Plastik

Panggung tempat berdirinya para juara dalam Olimpiade Tokyo 2020 akan dibuat dari bahan daur ulang plastik bekas. Total dibutuhkan 45 ton sampah plastik untuk membuat podium tersebut.

Usung Konsep Ramah Lingkungan, Podium Juara Olimpiade Tokyo 2020 Dibuat dari Sampah Plastik
Podium juara olimpiade Tokyo 2020. (Antaranews/HOT/TOCOG)

Inibaru.id – Ada yang berbeda pada gelaran Olimpiade Tokyo 2020 nanti. Podium juara yang biasanya terbuat dari kayu bakal digantikan dengan bahan sampah plastik. Hal itu dilakukan untuk memanfaatkan sampah plastik yang ada sekaligus mengampanyekan konsep ramah lingkungan.

Sampah plastik itu didapatkan panitia dari sampah setiap rumah yang disetor di lebih dari 2.000 gerai supermarket lokal yang ditetapkan panitia. Selain itu, plastik bekas juga didapatkan dari lautan. Mereka mengumpulkan sampah plastik itu mulai 13 Juni 2019 seperti dikutip dari laman Reuters, Selasa (11/6/2019).

Paling tidak ada 100 podium dari semua cabang olahraga di semua arena perlombaan. Dari jumlah tersebut, dibutuhkan sekitar 45 ton plastik bekas.

Ini adalah kali pertama penggunaan bahan plastik bekas pada ajang Olimpiade. Selain mengusung konsep ramah lingkungan, cara ini juga selaras dengan mekanisme perubahan berkelanjutan di Jepang.

Selain memanfaatkan sampah plastik, panitia juga mendaur ulang bahan metal dari material telepon genggam dan peralatan elektronik lain. Metal yang didaur ulang itu menjadi bahan dasar pembuat medali Olimpiade.

Seragam yang dipakai peserta kirab obor Olimpiade juga sebagian besar dibuat dari bahan daur ulang botol plastik, lo. Wah, salut! Semoga langkah ini bisa ditiru penyelenggara lainnya, ya. (IB24/E04)