Bali Diguncang Gempa 6 SR, Ini Penyebabnya

Bali Diguncang Gempa 6 SR, Ini Penyebabnya
Gempa Bali. (Twitter/boengsoe_)

Selasa (16/7/2019) pagi pukul 07:18 WIB, Bali dilanda gempa berkekuatan 6,0 SR. Beberapa bangunan dilaporkan mengalami kerusakan. Apa penyebabnya?

Inibaru.id- Selasa (16/7/2019) pukul 07.18 WIB, gempa berkekuatan 6.0 SR mengguncang Bali. Lokasi gempa berada di 83 km Barat Daya Nusa Dua, Bali, dekat dengan Kabupaten Banyuwangi, Jawa Timur. Gempa ini memicu kerusakan bangunan di berbagai tempat, termasuk sekolah, masjid, hingga hotel.

Gempa ini termasuk dalam gempa berkedalaman menengah. Hal ini bisa dilihat dari lokasi episenter serta kedalaman hiposenternya. Diduga, gempa tersebut merupakan akibat dari aktivitas subduksi Lempeng Indo-Australia yang menyusup ke bagian bawah Lempeng Eurasia.

“Hasil dari analisis kami menunjukkan gempa ini dipicu deformasi batuan yang mekanisme pergerakannya berjenis naik mendatar atau oblique thrust fault,” ungkap Kepala Pusat Gempa Bumi dan Tsunami Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) Rahmat Triyono seperti ditulis laman Kompas, Selasa (16/7).

Analisis lebih dalam juga membuat BMKG merevisi kekuatan magnitudo gempa Bali dari 6 SR menjadi 5,8 SR. Episenter gempa pun direvisi menjadi berada di jarak 80 km selatan Kota Negara, Kabupaten Jembrana, Bali, dengan kedalaman 104 km, tepatnya di koordinat 9,08 LS dan 114,55 BT.

Gempa yang dirasakan di Provinsi Bali dan beberapa daerah di Jawa Timur ini nggak berpotensi tsunami.

“Hasil pemodelan yang kami analisis menunjukkan gempa ini nggak berpotensi tsunami,” lanjut Triyono.

Berdasarkan pemantauan dari BPBD Bali hingga pukul 09.15 WITA, terjadi kerusakan pada beberapa bangunan seperti sekolah, gapura, pertokoan, hingga gedung-gedung pemerintahan.

Update sampai pukul 09.15 WITA, gempa memicu kerusakan di SD Negeri 1 Ungasan, Kantor Camat Kuta, SD N 11 Jimbaran, Gapura ITDC, Hotel Mercure Nusa Dua, serta Alfamart yang ada di Jalan Bali Cliff No.48 Ungasan,” ucap Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Bali I Made Rentin.

Gempa cukup sering melanda Indonesia, ya, Millens. Pastikan untuk selalu waspada dan mengetahui langkah-langkah yang perlu dilakukan saat gempa, ya! (IB09/E04)