SEA Games 2019 Resmi Ditutup, Filipina Mengajukan Diri Jadi Tuan Rumah Asian Games 2030
Kemeriahan Penutupan SEA Games 2019. (Dipta Wahyu/Jawa Pos)

SEA Games 2019 Resmi Ditutup, Filipina Mengajukan Diri Jadi Tuan Rumah Asian Games 2030

Rabu malam (11/12/19) Filipina secara resmi menutup ajang SEA Games 2019. Mereka mengklaim ajang ini berlangsung dengan sukses dan mengajukan diri sebagai tuan rumah Asian Games 2030.

Inibaru.id – Rabu (11/12/19) ajang olah raga antar negara di Asia Tenggara, SEA Games 2019 Filipina resmi ditutup. Penutupan ini dilakukan di Stadion Atletik, New Clark City, Tarlac.

Media Indonesia, Rabu (11/12) menulis, penutupan ajang dua tahunan ini dilakukan oleh Sekretaris Eksekutif Filipina, Salvador Medialdea pada pukul 19.25 waktu setempat. Api SEA Games kemudian dipadamkan.

Ketua PHISGOC selaku panitia penyelenggara SEA Games 2019, Alan Peter Cayetano kemudian menyerahkan bendera SEA Games ke Ketua Komite Olimpiade Vietnam, Nguyen Danh Thai. Setelahnya, bendera Vietnam dikibarkan dan lagu kebangsaannya dikumandangkan sebagai tanda bahwa negara ini akan menjadi tuan rumah SEA Games 2021, tepatnya di kota Hanoi.

Acara penutupan ini dimeriahkan oleh para atlet dari 11 negara peserta. Bersama dengan para relawan, mereka dihibur oleh pertunjukkan seni dari artis lokal dan bintang utama Black Eyed Peas.

Dalam pidatonya, Cayetano menyebut ada banyak sekali hal yang bisa dikenang dari SEA Games 2019. Di ajang yang diselenggarakan di tiga kota yakni Manila, New Clark City, serta Subic ini juga tercipta beberapa rekor baru.

Selain itu, Cetanyo juga mengklaim bahwa ajang SEA Games ini paling menyedot perhatian dibandingkan dengan edisi-edisi sebelumnya. Menurutnya SEA Games 2019 ini diselenggarakan dengan standar tinggi sebagaimana ajang olahraga antar negara di benua Asia, Asian Games.

“Kita baru memulai. Pembinaan atlet sejak dini sangat penting. Setelah SEA Games ini, kami (Filipina) akan mengajukan diri jadi tuan rumah Asian Games 2030,” ungkap Cayetano.

Dari berbagai kekacauan yag terjadi di SEA Games 2019 kemarin, kamu setuju nggak kalau mereka jadi tuan rumah Asian Games 2030, Millens? (IB09/E06)