SBMPTN 2019, LTMPT Nggak Keluarkan Passing Grade

SBMPTN 2019, LTMPT Nggak Keluarkan <em>Passing Grade</em>
LTMPT nggak mengeluarkan passing grade. (Medcom/ Citra Larasati)

LTMPT mengaku nggak mengeluarkan passing grade. Jika ada informasi terkait dengan passing grade untuk masuk perguruan tinggi negeri (PTN) atau program studi tertentu, LTMPT mengaku nggak bertanggung jawab atas informasi tersebut.

Inibaru.id – Pendaftaran Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SBMPTN) 2019 sudah dibuka sejak 10 Juni hingga 24 Juni 2019. Sebelum mendaftar, pendaftar biasanya akan melihat passing grade PTN dan program studi supaya bisa memetakan peluang. Belakangan ini, passing grade pun sudah tersebar.

Kendati begitu, Lembaga Tes Masuk Perguruan Tinggi (LTMPT) melalui situs resminya menyebut pihaknya ataupun rektor dan wakil rektor PTN nggak pernah merilis passing grade atau batasan nilai yang menentukan kelulusan calon mahasiswa baru untuk SBMPTN 2019.

“Kalau beredar passing grade, bisa dipastikan kalau informasi itu nggak benar. LTMPT nggak pernah mengeluarkan informasi itu,” terang LTMPT.

Selain meminta peserta untuk nggak mudah percaya dengan adanya daftar passing grade, Ketua LTMPT Profesor Ravik Karsidi juga menyarankan peserta SBMPTN 2019 untuk nggak mengunggah hasil tes UTBK (Ujian Tulis Berbasis Komputer).

“Nilai UTBK itu sifatnya rahasia. Hanya akan diberikan pada setiap peserta. Jadi harusnya nggak diberitahukan ke siapapun yang nggak berkepentingan,” terang Prof. Ravik.

Jika ada pihak-pihak lain yang melakukan perangkingan hasil tes UTBK, hal ini di luar tanggung jawab LTMPT. Pihak LTMPT nggak melakukan hal ini dan hanya akan mengeluarkan hasil siapa saja yang diterima seleksi atau tidak.

Sebagai informasi, seleksi SBMPTN 2019 dilakukan masing-masing PTN, bukannya LTMPT. Kriteria kelolosan seperti hasil UTBK atau kriteria-kriteria lainnya juga ditentukan masing-masing PTN.

“Waktu pendaftaran kan cukup panjang. Sosialisasinya juga sudah cukup lama. Jadi kami juga nggak akan melakukan perpanjangan waktu pendaftaran. Pengumuman hasil seleksinya nanti pada 9 Juli 2019 pukul 15.00 WIB,” pungkas LTMPT.

Selalu dapatkan informasi yang valid soal SBMPTN 2019 ya, Millens. Jangan terkecoh dengan berita yang nggak benar. (IB09/E04)