Sawah-Sawah Ini Paling Indah Se-Indonesia. Di Mana Saja?

Sawah-Sawah Ini Paling Indah Se-Indonesia. Di Mana Saja?
Indonesia memiliki sawah-sawah yang eksotis. (Inibaru.id/ Triawanda Tirta Aditya)

Sawah bukanlah hal yang sulit ditemukan di Indonesia. Hanya, pernahkah kamu melihat sawah-sawah yang sangat indah sehingga membuatmu ingin foto-foto atau sekadar menikmatinya? Di mana ya sawah-sawah terindah di Indonesia?.

Inibaru.id - Indonesia memang dikenal sebagai negara agraris. Karena alasan inilah ada banyak sawah-sawah yang terhampar di berbagai daerah. Nah, di antara sawah-sawah itu, ada lo yang menampilkan pemandangan alam yang luar biasa. Di mana sajakah sawah-sawah terindah di Tanah Air? Yuk simak daftar-daftarnya berikut ini.

1. Desa Wisata Kemetul, Semarang

Desa Wisata Kemetul di Kota Semarang terdapat jembatan berbentuk bintang. (ViralNih)<br>
Desa Wisata Kemetul di Kota Semarang terdapat jembatan berbentuk bintang. (ViralNih)

Sawah terindah di Indonesia yang pertama adalah sawah di Desa Wisata Kemetul, Kecamatan Susukan, Kabupaten Semarang. Meskipun beberapa fasilitas di dekat sawah ini baru dibangun, desa ini sudah menarik banyak wisatawan karena pemandangan sawahnya yang cantik dan indah.

Di tempat ini, kamu juga bisa menemukan jembatan berbentuk bintang di tengah sawah dan gazebo warna-warni yang instagramable. Ditambah dengan indahnya hamparan sawah yang luas, tempat ini tentu sangat cocok untuk foto-foto, bukan?

2. Sawah Lingko, NTT

Sawah Lingko yang berbentuk jaring laba-laba (FunAdvanture)<br>
Sawah Lingko yang berbentuk jaring laba-laba (FunAdvanture)

Sawah yang terletak di Manggarai, NTT ini memiliki pola melingkar yang unik. Mirip seperti jaring laba-laba. Ternyata, ada lo alasan unik mengapa pola sawahnya mirip jaring laba-laba. Pada zaman dulu, sistem pembagian lahan sudah dilakukan secara berpusat, di mana titik nolnya berada di tengah-tengah lahan, kemudian dibagi ke warga atau pewaris.

Kerennya, pola seperti ini hanya ada satu-satunya di dunia. Pantas saja banyak ilmuan asing datang ke sini untuk mempelajari kearifan lokal ini. Polanya yang unik juga membuat banyak wisatawan datang untuk berburu foto terbaik.

3. Sawah Sukorame

Sawah Sukorame yang punya jembatan melingkar. (@dhian_hardjodisastro)<br>
Sawah Sukorame yang punya jembatan melingkar. (@dhian_hardjodisastro)

Nggak ingin kalah dengan Kemetul, Sukorame pun juga punya sawah yang tak kalah cantik. Terletak di kecamatan Dlingo, Bantul, sawah Sukorame ini menjadi daya tarik utama wisatawan karena pemandangannya yang indah dan hijau.

Jembatan yang dibangun di tengah-tengah sawah yang sangat instagramable semakin menambah pesona sawah ini.

4. Sawah Tegalalang, Bali

Terasering yang berundak-undak dari sawah Tegalalang Bali. (BaliGateAway)<br>
Terasering yang berundak-undak dari sawah Tegalalang Bali. (BaliGateAway)

Tegalalang adalah salah satu sawah yang paling terkenal di seluruh dunia. Nggak hanya bentuknya yang sangat cantik, sawah ini juga menghasilkan padi berkualitas nomor satu.

Sawah yang ada di Kabupaten Gianyar, Bali ini dikenal karena memiliki sistem pengairan yang sangat rapi. Ditambah dengan tanahnya yang berundak dan petak yang bertingkat sistematis, kualitas padi yang dihasilkan sawah ini pun sangat baik.

Lokasi sawah ini yang dekat dengan Ubud juga membuat banyak wisatawan, baik lokal atau asing ingin mengunjungi dan mengabadikannya dalam foto atau video.

5. Sawah Desa Pariangan Sumbar

Sumatera juga punya sawah yang cantik. (ExplorePariangan)<br>
Sumatera juga punya sawah yang cantik. (ExplorePariangan)

Sumatera ternyata juga punya  destinasi wisata sawah yang cantik. Letaknya di desa adat Pariangan, Sumatera Barat. Nggak hanya terkenal karena Rumah Gadangnya yang khas atau peninggalan megalitikumnya yang ikonik, desa ini juga terkenal karena sawahnya yang tertata cantik dan rapi.

Kalau dibayangkan, sawah ini bak berada di negeri dongeng! Kamu pasti akan tergoda untuk berfoto-foto di sini

Sawah-sawahnya cantik, bukan, Millens? Ada yang pernah dikunjungi belum, nih? (Tra/IB28/E07)