10 Hektare Savana di Gili Lawa Dilalap Api

Sekitar 10 hektar lahan savana di Gili Lawa Darat terbakar pada Rabu (1/8/2018). Atas kejadian tersebut, pengunjung tidak bisa lagi menikmati keindahan Gili Lawa Darat untuk beberapa waktu ke depan.

10 Hektare Savana di Gili Lawa Dilalap Api
10 hektare svana di Gili Lawa terbakar. (Taman Nasional Komodo)

Inibaru.id - Sekitar 10 hektar padang savana di Gili Lawa Darat, Kawasan Taman Nasional Komodo, Kabupaten Manggarai Barat, Nusa Tenggara Timur (NTT) dilalap api pada Rabu (1/8/2018) malam. Hingga saat ini, penyebab kebakaran belum diketahui secara pasti.

"Masih dalam proses penyelidikan di Polres Manggarai Barat. Penyebabnya bisa karena banyak hal, tentu ada aktivitas yang menyalakan api," ungkap Kepala Balai Taman Nasional Komodo Budhy Kurniawan seperti ditulis Detik.com, Kamis (2/8).

Peristiwa kebakaran di Gili Lawa darat. (Instagram.com/Kurniawan Jack)

Kebakaran ini kali pertama diketahui pada Rabu (1/8) pukul 19.00 WITA. Saat itu, salah satu tour guide memberi informasi bila terjadi kebakaran di puncak Gili Lawa darat kepada petugas Taman Nasional Komodo. Sesaat usai mendapat laporan, petugas dari Loh Sebita dan Padar langsung menuju ke lokasi untuk memadamkan api. Petugas dari Labuan Bajo pun turut diterjunkan. Api baru bisa padam pada Kamis (2/8) pukul 03.00 WITA.

Kejadian ini berdampak cukup signifikan bagi sektor wisata mengingat Gili Lawa darat adalah salah satu spot wisata favorit di Taman Nasional Komodo.

"Karena Gili Lawa spot treking dan foto-foto, maka pengunjung tidak dapat menikmati potensi itu untuk beberapa waktu ke depan," ujar Budhy.

Duh, sayang banget ya, Millens. Semoga pihak berwajib segera mengetahui penyebabnya agar bisa dilakukan tindakan lebih lanjut. (MG11/E04)