Sastrawan Legendaris NH Dini Tutup Usia

Sastrawan Legendaris NH Dini Tutup Usia
NH Dini tutup usia. (Suarapemredkalbar)

Sastrawan legendaris NH Dini dikabarkan meninggal dunia pada Selasa (4/12/2018). NH Dini diketahui meninggal karena mengalami kecelakaan di jalan tol.

Inibaru.id – Berita duka datang dari sastrawan Indonesia. Novelis legendaris Nurhayati Sri Hardini Siti Nukatin (NH Dini) dikabarkan meninggal dunia pada Selasa (4/12/2018). NH Dini meninggal akibat kecelakaan lalu lintas yang menimpanya. Kabar tersebut tersiar setelah sastrawan Goenawan Mohamad menuliskannya melalui akun Twitter pribadinya.

“Wafat, NH. Dini. Kabar yang saya terima karena kecelakaan mobil. Novelis kelahiran 1936 ini sastrawan terkemuka dari generasi yang muncul pertama kali di majalah Kisah. Karyanya: Pada Sebuah Kapal, Namaku Hiroko. Semoga ia beristirahat dalam damai,” kicau Goenawan dilansir Cnnindonesia.com, Selasa (4/12).

Memasuki usia 80 tahun, kondisi Dini tampak sehat meski harus menjalani pemeriksaan rutin melalui jamu-jamuan dan terapi tusuk jarum, yakni osteoartritis dan vertigo. Hari ini, Dini juga menjalani terapi tusuk jarum seperti biasanya. Namun, nahas, saat perjalanan pulang, mobil yang ditumpanginya mengalami kecelakaan karena bertabrakan dengan truk.

Kecelakaan tersebut terjadi sekitar pukul 11.15 WIB di ruas jalan Tol kilometer 10, Semarang. Diduga, kecelakaan terjadi karena light truck dengan nomor polisi AD-1536-JU yang melaju dari arah utara Gayamsari berhenti sesaat di jalur utama dan hilang kendali sehingga berjalan mundur. Truk lalu menabrak mobil Toyota Avanza (Taxi) H-1362-GG di belakangnya yang ditunggangi NH Dini.

Usai kejadian, Dini beserta supir taksi Suparjo segera dilarikan ke IGD untuk diperiksa. Pada pukul 16.30 WIB, Dini dinyatakan meninggal dunia karena gegar otak yang dialaminya. Sementara itu, supir taksi mengalami luka pada tangan kanan dan kaki kiri.

Saat ini jenazah Dini masih disucikan di RS Elisabeth untuk disemayamkan di Wisma Lansia Harapan Asri. Rencananya, Dini akan dikremasi besok Rabu, 5 Desember 2018 pukul 12.00 WIB di pemakaman Kedungmundu Semarang.

Semasa hidupnya, Dini dikenal sebagai seseorang sastrawan yang telah melahirkan banyak karya dan telah banyak menerima penghargaan. Karya NH Dini yang terkenal di antaranya adalah novel Pada Sebuah Kapal (1972), La Barka (1975), Namaku Hiroko (1988), dan Orang-Orang Tran (1983).  (IB07)