Sapi-Sapi yang 'Memberontak' Saat Hari Raya Iduladha

Sapi-Sapi yang 'Memberontak' Saat Hari Raya Iduladha
Ilustrasi: sapi kurban. (Twitter/suarasidoarjofm)

Di media sosial, viral kisah hewan kurban yang memberontak sebelum disembelih saat perayaan Iduladha. Seperti apa ya kisah-kisah mereka?

Inibaru.id – Setiap kali perayaan Iduladha, kita pasti mendengar kabar tentang hewan kurban yang mengamuk saat akan disembelih. Hal ini juga terjadi di perayaan Iduladha 2020. Seperti apa ya kisah para hewan tersebut?

Sapi yang Terjun ke Sungai

Sapi terjun ke sungai di Solo. (Joglosemar/Prabowo)<br>
Sapi terjun ke sungai di Solo. (Joglosemar/Prabowo)

Saat masyarakat Dukuh Sangkrah, RT 2 RW 1, Pasar Kliwon, Solo, Jawa Tengah bersiap menyambut kedatangan hewan kurban, tiba-tiba saja mereka dihebohkan dengan sapi yang mengamuk. Sapi dengan berat sekitar 3 kwintal tiba-tiba saja memberontak hingga terjatuh ke Kali Jenes.

Panitia kurban Sri Wahono menyebut sapi ini dibawa dengan mobil bak terbuka pada Jumat (31/7/2020) pukul 17.00 WIB. Saat akan diturunkan, sapi tiba-tiba saja memberontak dan terjun ke sungai dengan kedalaman sekitar 7 meter.

“Sapinya turun dari mobil dan tib-tiba memberontak,” ucap pria berusia 50 tahun ini.

Proses evakuasi nggak mudah dilakukan dan membutuhkan waktu sekitar 4 jam. Beruntung, saat diangkat dengan crane, sapi berada dalam kondisi hidup. Selain itu, air sungai juga nggak sedang dalam kondisi meluap sehingga sapi nggak sampai terseret aliran sungai.

Sapi Ditembak Mati

Sapi mengamuk di Blitar. (Urbanasia)<br>
Sapi mengamuk di Blitar. (Urbanasia)

Di Blitar, seekor sapi mengamuk hingga masuk ke dalam warung dan memicu kehebohan warga. Bahkan, sapi akhirnya terpaksa ditembak mati oleh aparat kepolisian karena nggak kunjung bisa dikendalikan.

Menurut Kepala Sub Bagian Humas Iptu Achmad Rochan, kasus sapi mengamuk ini berawal saat Gunawan mengantarkan sapi dari wilayah Garum ke Jalan Borobudur, Blitar, Jawa Timur. Saat sudah sampai di kawasan masjid, sapi tiba-tiba memberontak dan terlepas.

Sapi ini kemudian kabur ke arah jalan raya dan sempat memicu kekacauan lalu lintas. Sapi kemudian masuk ke warung salah seorang warga. Karena dianggap sudah membahayakan, sapi pun akhirnya ditembak dua kali oleh aparat hingga tewas dan nggak jadi disembelih.

Sapi Bekas Karapan Terlalu Kuat, Tali Lepas dan Melompati Rumah Warga

Penyembelihan sapi. (Twitter/Pabuol)
Penyembelihan sapi. (Twitter/Pabuol)

Di Klaten, Jawa Tengah, sapi kurban di Desa Ponggok, Kecamatan Polanharjo, lepas dan melompati pagar milik warga. Sapi ini bahkan mampu memutus tali yang mengekangnya. Usut punya usut, ternyata sapi ini dulu bekas karapan sapi.

Sapi kemudian bisa ditenangkan dan nggak ada warga yang mengalami luka-luka akibat insiden ini.

Di tempat kamu, ada kisah hewan kurban yang lucu saat Iduladha kemarin juga nggak, Millens? (Kom/IB09/E03)