Sapi Jadi Hewan Paling Berbahaya di Inggris, Kok Bisa?

Sapi Jadi Hewan Paling Berbahaya di Inggris, Kok Bisa?
Sapi, hewan paling berbahaya di Inggris. Kasus kematian akibat sapi di sana cukup tinggi, lo. (Flickr/ Kabsik Park)

Meski ukurannya besar, sapi di Indonesia cenderung jinak dan mudah dikendalikan. Tapu, sapi jadi hewan paling berbahaya di Inggris. Kasus kematian akibat serangan sapi di sana cukup tinggi, lo.

Inibaru.id – Di Indonesia, kita mengenal sapi sebagai hewan yang ada di peternakan, baik itu peternakan di perkampungan atau peternakan besar. Nah, meski ukurannya besar, sapi di Indonesia cenderung jinak dan bisa dikendalikan oleh pemiliknya. Kalau di Inggris beda, di sana, sapi jadi hewan paling berbahaya, lo. Kok bisa?

Meski terlihat nggak mungkin, nyatanya rekor orang yang tewas akibat sapi di Inggris lumayan banyak. Saking tingginya kasus kematian akibat sapi, otoritas setempat sampai meminta warganya berhati-hati jika bertemu sapi, Millens.

Memang, daging serta susu sapi masih banyak dikonsumsi oleh warga Inggris. Namun, menurut situs Health and Safety Executive (HSE) Inggris, setidaknya ada 74 kasus kematian dalam 15 tahun terakhir di Inggris yang terkait dengan sapi. Jumlah ini masih belum termasuk kasus orang-orang yang terluka akibat serangan hewan berkaki empat ini.

Angka ini bahkan jauh lebih tinggi jika dibandingkan dengan hewan yang dianggap lebih berbahaya seperti anjing, misalnya. Dalam 8 tahun terakhir, di Inggris “hanya” ada 17 kasus kematian akibat hewan dengan gigi yang tajam tersebut.

Banyak sapi yang dibiarkan merumput di tanah lapang di pedesaan-pedesaan Inggris. Nah, terkadang, sapi-sapi ini bisa menyerang orang yang ada di dekat mereka. Sebagai contoh, ada seorang nenek berusia 82 tahun yang sedang berjalan kaki yang diseruduk dan kemudian diinjak oleh sapi berukuran besar.

Di Indonesia, sapi sering dianggap sebagai hewan yang jinak dan mudah dikendalikan. (Inibaru.id/ Audrian F)
Di Indonesia, sapi sering dianggap sebagai hewan yang jinak dan mudah dikendalikan. (Inibaru.id/ Audrian F)

Menurut laporan BBC, sang nenek sebenarnya menolong anjingnya yang diserang sapi tersebut. Namun, pada akhirnya dia justru mengalami patah tulang, luka memar, hingga trauma psikis yang cukup berat.

Usut punya usut, sapi-sapi yang agresif ini seringkali adalah sapi yang baru melahirkan. Nah, kebanyakan orang nggak tahu kalau sapi dengan kondisi ini sangat berbahaya. Sapi-sapi ini juga cenderung menyerang pejalan kaki yang membawa anjing. Anjing inilah yang dianggap ancaman bagi sapi-sapi tersebut sehingga membuat mereka langsung menyerangnya.

Pemerintah Inggris nggak ingin kasus ini terus terjadi. Mereka pun sampai memberikan tanda-tanda dan saran bagi warganya untuk berjalan di Country Road yang dipastikan aman dari serangan sapi-sapi yang sedang emosi. Selain itu, jika ada sapi yang menyerang anjing peliharaan, sebaiknya pemiliknya membiarkan saja.

Bukannya tega dengan anjing peliharaan, namun, kecepatan lari anjing biasanya lebih baik dari sapi sehingga mereka nggak bakal mudah mendapatkan serangan. Saat sapi sibuk mengejar sang anjing, pemiliknya juga bisa menjauh untuk menyelamatkan diri.

Ternyata begitu ya mengapa sapi dinobatkan sebagai hewan paling berbahaya di Inggris. Kalau di Indonesia sapi hewan yang paling apa nih, Millens? (Boo/IB09/E05)