Ketika Dodol dan Rengginang "Nimbrung" di Antara Makan Siang Jokowi dan Li Keqiang

Soto menjadi sajian utama jamuan makan siang Jokowi dengan PM Tiongkok, Li Keqiang. Namun, ada dua item lain yang menarik dalam sajian itu, yakni rengginang dan dodol. Hm, seru!

Ketika Dodol dan Rengginang "Nimbrung" di Antara Makan Siang Jokowi dan Li Keqiang
Presiden Jokowi bersama PM China, Li Keqiang. (kompas.com)

Inibaru.id – Jamuan makan siang ala Presiden Joko Widodo untuk PM Tiongkok, Li Keqiang, di Istana Kepresidenan Bogor, Jawa Barat, pada Senin (7/5/2018), cukup menyita perhatian masyarakat negeri ini dengan hidangan soto yang mereka sajikan. Menurut Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi, Jokowi juga menyajikan rengginang dan dodol sebagai menu penutup dari jamuan makan siang tersebut.

“Betul, ada soto, kerupuk yang terbuat dari nasi (rengginang), dan dodol yang disajikan untuk pertemuan Jokowi dan Li,” ujar Budi.

Dalam jamuan makan siang tersebut, baik Jokowi maupun Li tampak cukup meminati hidangan yang disajikan. Dari semua yang ada di meja makan, hampir sebagian besar di antaranya tandas.

Seperti yang ditulis Detik.com, Senin (7/5/2018), dua petinggi negara tersebut bertemu untuk membahas dua permasalahan utama di antara kedua negara, yakni Indonesia dengan Tiongkok. Permasalahan pertama yang mereka bahas adalah mengenai perdagangan dan ekspor. Sementara, topik kedua yang mereka bahas adalah mengenai upaya perdamaian bangsa Palestina.

Seusai mengikuti santap bersama, Li beserta rombongannya terlihat meninggalkan kompleks Istana Kepresidenan Bogor. PM Tiongkok tersebut dijadwalkan mengunjungi Sekretariat ASEAN di Jakarta Selatan untuk memeringati 15 tahun kemitraan strategi ASEAN dengan Tiongkok. 

Mengutip Kumparan.com, Senin (7/5), Li juga akan menghadiri KTT Bisnis Indonesia-Tiongkok bersama Wakil Presiden RI Jusuf Kalla di Hotel Shangri-La, Jakarta. Lelaki 62 tahun tersebut direncanakan akan berada di Jakarta hingga Selasa (8/5). Setelah itu, Li akan bertolak ke Jepang untuk menggelar pertemuan trilateral bersama PM Jepang Shinzo Abe dan Presiden Korea Selatan Moon Jae In.

Wah, wah, sebentar lagi rengginang dan dodol kayaknya bakal jadi kuliner terkenal di Tiongkok nih! Ha-ha (IB11/E03)