Sampai Ditegur Jokowi, Ini Sederet Kontroversi Mendag Zulkifli Hasan

Sampai Ditegur Jokowi, Ini Sederet Kontroversi Mendag Zulkifli Hasan
Mendag Zulkifli Hasan ditegur Presiden Jokowi untuk fokus mengurus minyak goreng. (Humas Kemendag)

Menteri Perdagangan (Mendag) Zulkifli Hasan kembali membuat kontroversi saat membagikan minyak goreng di Lampung. Dia pun sampai ditegur Presiden Jokowi. Tapi, ternyata, bukan kali ini saja dia melakukan hal-hal kontroversial. Apa saja, ya?

Inibaru.id – Presiden Joko Widodo (Jokowi) ternyata nggak berkenan dengan kontroversi yang dilakukan Menteri Perdagangan (Mendag) Zulkifli Hasan. Soalnya, bukannya fokus bekerja untuk mengatasi harga minyak goreng curah, dia justru mempromosikan putrinya agar menang Pilkada.

“Saya minta semua menteri fokus bekerja. Kalau Menteri Perdagangan yang paling penting urus seperti yang saya tugaskan kemarin,” ungkap Jokowi saat ada di Subang, Jawa Barat, Selasa (12/7/2022).

Sentilan Jokowi ini muncul setelah video Zulkifli Hasan (Zulhas) membagikan minyak goreng dengan jenama Minyakita di Lampung viral di media sosial pada Senin (11/7). Pembagian minyak goreng sebenarnya wajar dilakukan menteri. Tapi, setelah membagikannya, dia meminta ibu-ibu yang mendapatkan minyak tersebut untuk memilih putrinya, Futri. Dia juga berjanji kalau anaknya terpilih jadi anggota legislatif, bakal sering ada acara pembagian minyak.

“Kalau milih Futri, ntar dua bulan ada deh ginian,” ungkap Zulhas.

Sederet Kontroversi Mendag Lainnya

Bukan kali ini saja Zulhas bikin kontroversi. Sebelumnya, sekitar sepekan usai dilantik jadi Mendag pada Rabu (15/6), di juga mengeluarkan gimmick yang nggak pas saat sidak di Pasar Cibubur Jakarta Timur.

Dia terkejut saat tahu harga sembako cukup mahal di pasar. Keterkejutan ini sangat mengherankan karena sudah seminggu dia jadi menteri dan kenaikan harga sudah terjadi sebelum dia dilantik. Selain itu, bukannya mencoba mencari solusi akan hal ini, dia justru menawari salah seorang pedagang pasar, Warman, untuk umrah.

Sejak menjabat sebagai Mendag, ada sejumlah kontroversi yang dilakukan Zulhas. (instagram/@zul.hasan)
Sejak menjabat sebagai Mendag, ada sejumlah kontroversi yang dilakukan Zulhas. (instagram/@zul.hasan)

“Saya enggak tahu konteksnya apa. Sah-sah saja mestinya kalau mau kasih umrah yang penting dari kantong sendiri. Kemudian yang paling penting adalah efektifitasnya dia sebagai menteri menjalankan tugas ya, harga pangan bisa terkontrol,” kritik Direktur Eksekutif CORE Indonesia Mohammad Faisal, Selasa (21/6).

Selain itu, pada Senin (20/6), Zulhas juga mengklaim nggak ada mafia minyak goreng di Indonesia. Hal ini pun mendapatkan kritik dari Sekjen Serikat Petani Kelapa Sawit (SPKS) Mansuetus Darto.

“Apa yang dikatakan Mendag justru dipandang menutup-nutupi persoalan besar mafia minyak goreng yang merugikan masyarakat banyak,” ketus Dato, Selasa (21/6).

Sempat Dicecar Harrison Ford

Nggak hanya saat jadi Mendag, Nama Zulkifli Hasan sudah identik dengan kontroversi sejak jadi Menteri Kehutanan pada masa kepemipinan Presiden Susilo Bambang Yudhoyono. Saat itu, pemerintah membebaskan lahan sebesar 1,64 juta hektare hutan menjadi lahan kelapa sawit, jalan, pertambangan, dan lain-lain.

Tapi, yang paling populer adalah saat Zulhas dikritik habis-habisan oleh aktor Hollywood sekaligus aktivis Harrison Ford. Ford memprotes Zulhas terkait berkurangnya hutan di Taman Nasional Tesso Nilo.

Hm, kalau kamu, masih yakin dengan kinerja Mendag Zulkifli Hasan di tengah kenaikan harga dari berbagai kebutuhan bahan pokok ini, Millens? (Cnn, 99/IB09/E05)