Sampai Berapa Lama Kucing Bisa Hidup?

Sampai Berapa Lama Kucing Bisa Hidup?
Bagaimana menghitung usia kucing? (Inibaru.id/ Triawanda Tirta Aditya)

Banyak penggemar kucing yang mengaku sedih karena kucing peliharaannya mati muda. Hal ini membuat banyak orang bertanya-tanya. Sebenarnya sampai berapa lama sih kucing bisa hidup?

Inibaru.id - Usia hewan tentu berbeda dengan manusia. Khususnya dalam hal ini adalah kucing. Buat kamu yang hidup dekat dengan kucing apalagi menyukainya, tentu sering menganggap usia kucing sangat pendek. Apalagi, kini cukup sering kucing yang mati muda karena berbagai penyebab. Sebenarnya, sampai berapa lama kucing bisa hidup, sih?

Menurut BBC Science Focus, angka harapan hidup seekor kucing domestik adalah 30 tahun. Logikanya, kucing bisa menemani kita cukup lama, ya? Namun, bukan berarti bahwa rata-rata kucing akan hidup selama itu.

Terdapat banyak sekali faktor yang mempengaruhi usia kucing. Sebagai contoh, faktor genetik, lingkungan, cedera, penyakit, atau bahkan gaya hidup bisa sangat mempengaruhinya. Nah, umumnya, kucing sudah bisa dianggap tua kalau mampu hidup hingga 15 tahun.

"Seperti pada manusia, kucing betina cenderung hidup lebih lama dibandingkan kucing jantan," terang BBC Science Focus.

Kucing yang telah dikebiri juga cenderung hidup lebih lama daripada kucing yang tidak dikebiri. Begitu pula kucing blasteran cenderung hidup lebih lama dibanding kucing ras murni.

Meskipun mati di usia muda, bukan berarti kucing sama seperti manusia. (Inibaru.id/ Triawanda Tirta Aditya)<br>
Meskipun mati di usia muda, bukan berarti kucing sama seperti manusia. (Inibaru.id/ Triawanda Tirta Aditya)

Hal yang perlu diketahui dari cara hidup kucing ini adalah bahwa ketika mereka hanya hidup sampai usia 7 atau 14 tahun, bukan berarti kucing-kucing ini mati muda. Jadi, kalau dibandingkan, usia 7 tahun pada kucing sebenarnya setara dengan usia 44 tahun manusia. Sedangkan jika kucing mencapai usia 14 tahun, setara dengan 72 tahun usia manusia.

Rumus Menghitung Usia Kucing

Ada cara mudah untuk mengetahui usia kucing dan menentukan apakah mereka sudah tua atau belum. Rumus yang sering digunakan adalah bahwa kita harus mengalikan usia kucing dengan kelipatan usia manusia. Memang ini kurang akurat jika mengingat kucing mengalami masa bayi, anak-anak dan remaja secara sekaligus di tahun pertama mereka hidup.

Nah, perhitungan yang akurat bisa jadi adalah rumus yang dikenalkan oleh American Animal Hospital Association dan American Association of Felne Practitioners. Mereka membuat bagan yang jauh lebih tepat untuk menggambarkan usia ekuivalen kucing dalam hitungan tahun manusia.

Detailnya seperti ini: usia 0-1 bulan kucing setara usia 0-1 tahun manusia; usia 2-3 bulan kucing setara 2-4 tahun manusia; usia 4 bulan kucing setara 6-8 tahun manusia; usia 6 bulan kucing setara 10 tahun manusia; 7 bulan kucing setara 12 tahun manusia; 12 bulan kucing setara 15 tahun manusia; 18 bulan kucing setara 21 tahun manusia; dan 2 tahun kucing setara 24 tahun manusia.

Wah, ternyata, sebenarnya kucing juga bisa hidup cukup lama, ya Millens. Kalau kucing kamu, sudah berapa lama nih kamu pelihara? (Nat/IB28/E07)