Sambut New Normal, Ini Tips Aman Membeli Makanan di Warung

Sambut New Normal, Ini Tips Aman Membeli Makanan di Warung
Membeli makanan di warung saat pandemi. (Inibaru.id/ Gregorius Manurung)

Nggak semua orang bisa memasak sendiri di masa pandemi. Kalau kamu harus sering-sering beli makanan, sebaiknya menerapkan berbagai tips ini demi aman membeli makanan di warung. Apa saja ya tips-tipsnya?

Inibaru.id – Makanan adalah hal pokok yang harus dipenuhi, terlebih dalam kondisi pandemi. Di masa ini, mengonsumsi makanan yang sehat adalah salah satu cara ampuh untuk mencegah virus. Bagi yang rumahnya sudah dilengkapi dengan dapur dan peralatan memasak yang memadai, kebijakan itu mudah dijalani. Namun, bagi yang bertahan di indekos dan nggak ada dapur di dalamnya, kebijakan itu sungguh membuat dilema.

Membeli makanan lewat aplikasi ojek daring adalah salah satu cara yang mudah dilakukan. Namun, cara itu nggak serta merta jadi jurus jitu karena membuatmu harus mengeluarkan uang ekstra. Apalagi bagi yang ekonominya sedang terpuruk, cara itu nggak akan jadi pilihan utama.

Dengan kondisi yang serba terhimpit seperti itu, beli makanan di warung adalah hal yang paling rasional. Nah, supaya kamu tetap aman saat beli makanan di warung menjelang fase new normal, cobalah untuk mengikuti tips-tips berikut.

Pastikan Kebersihan Warung

Kebersihan warung harus diperhatikan. (Inibaru.id/Isma Swastiningrum)
Kebersihan warung harus diperhatikan. (Inibaru.id/Isma Swastiningrum)

Belilah makanan di warung yang bersih, ya Millens. Selain itu, pastikan peralatan dapur atau penyajian makanan di warung tersebut bersih. Ingat, virus susah berkembang di lingkungan yang bersih.

Terapkan Pembatasan Fisik

Jaga jarak aman saat beli makanan di warung. (Antara/Rahmad)
Jaga jarak aman saat beli makanan di warung. (Antara/Rahmad)

Saat membeli makanan di warung, jangan lupa untuk selalu menerapkan pembatasan fisik. Atur jarakmu dengan pengunjung lain. Saat ini, jarak yang dianjurkan adalah 2 meter untuk menghindari penularan. Jangan bergerombol, ya?

Pastikan Penjual Bermasker

Pastikan penjual makanan memakai masker. (MI/Pius Erlangga)
Pastikan penjual makanan memakai masker. (MI/Pius Erlangga)

Salah satu protokol kesehatan di masa pandemi dan new normal adalah harus memakai masker. Penjual yang memakai masker mengindikasikan dirinya mematuhi protokol kesehatan sehingga diharapkan dia juga peduli dengan kebersihan makanannya. Eits, tapi pastikan yang dipakai bukan masker kecantikan lo ya! Ha-ha

Pilihlah Makanan yang Segar

Memilih makanan di warung. (Inibaru.id/ Isma Swastiningrum)
Memilih makanan di warung. (Inibaru.id/ Isma Swastiningrum)

Saat membeli makanan, pastikan makanan yang hendak kamu beli masih segar dan tampak baru dimasak. Hindari membeli makanan yang tampak nggak segar atau sudah dihangatkan berulang kali, terlebih bila kamu bakal membeli sayuran.

Bila kamu akan membeli gorengan, jangan beli gorengan yang berwarna gelap. Itu menandakan gorengannya sudah dipanaskan ulang. Pastikan gorengan diambil dengan capitan, bukannya dengan tangan, ya?

Cuci Tangan Sebelum Makan

Mencuci tangan dengan sabun. (Inibaru.id/Triawanda Tirta Aditya)
Mencuci tangan dengan sabun. (Inibaru.id/Triawanda Tirta Aditya)

Bila kamu terpaksa makan di tempat, jangan lupa untuk cuci tangan sebelum maupun sesudah makan. Cuci tangan yang benar selama 20 detik, ya! Ingat, cuci tangan pakai sabun dan air mengalir. Namun, bila memungkinkan, bungkuslah makanan itu dan segera bawa pulang. Lebih baik nikmati makanan di rumah saja agar nggak mudah terpapar virus.

Meski bisa membeli makanan di warung, pastikan untuk selalu jaga kesehatan dan keamanan ya, Millens. Jangan lupa cuci tangan pakai sabun sebelum menyantap makanan! (Cnn/IB03/E07)