Sambut Natal dan Tahun Baru, PT KAI Daop 4 Semarang Tambah Perjalanan Kereta

Sambut Natal dan Tahun Baru, PT KAI Daop 4 Semarang Tambah Perjalanan Kereta
Stasiun Kereta Api Semarang Tawang (Dotsemarang)

PT KAI Daop 4 Semarang menyediakan tambahan perjalanan kereta untuk menyambut libur Natal dan Tahun Baru. Total ada sebanyak 82 perjalanan kereta api yang disediakan PT KAI Daop 4 Semarang.

Inibaru.id – Menjelang libur panjang Natal dan Tahun Baru 2019, PT KAI Daop 4 Semarang menyiapkan tambahan perjalanan kereta. Penambahan itu didasarkan pada melonjaknya penumpang kereta api pada hari libur. Manajer Humas PT KAI Daop 4 Semarang Suprapto menyebut saat libur Natal dan Tahun Baru (Nataru), jumlah penumpang kereta api bisa naik hingga dua kali lipat.

Rmoljateng.com, Senin (10/12/2018) menulis, lonjakan penumpang kereta api di Daop 4 Semarang diprediksi terjadi dua kali yakni pada 25 Desember 2018 dan 1 Januari 2019.

“Tahun ini masa angkutan Nataru telah ditetapkan selama 18 hari, tepatnya sejak 20 Desember 2018 hingga 6 Januari 2019. Pada Hari Natal, jumlah penumpang diprediksi akan mencapai 25.679 orang dan di Tahun Baru diprediksi sampai 26.312 penumpang,” ucap Suprapto.

Untuk mengantisipasi hal tersebut, PT Kai Daop 4 Semarang menyiagakan 13 unit lokomotif yang siap beroperasi dan satu unit lokomotif cadangan. Sebanyak 117 unit gerbong kereta dan 10 unit gerbong kereta cadangan juga sudah disiapkan.

“Untuk jumlah KA, tahun ini kami sudah menyiapkan 82 perjalanan kereta yang terdiri atas 14 KA jarak jauh/menengah dengan pemberangkatan awal dari Daop 4 Semarang, 16 KA Lokal, 40 KA jarak jauh atau menengah yang melintas serta 12 KA jarak jauh atau jarak menengah tambahan,” lanjut Suprapto.

Jumlah tambahan perjalanan kereta yang disediakan diharapkan bisa melayani animo masyarakat yang cukup besar dalam menggunakan jasa kereta api selama libur Natal dan Tahun Baru.

“Total kapasitas tempat duduk yang tersedia adalah 44.348 setiap harinya. Kami perkirakan jumlah ini cukup untuk melayani penumpang,” pungkas Suprapto.

Selain menambah jumlah perjalanan kereta, seluruh pegawai PT KAI Daop 4 Semarang juga diminta untuk fokus pada libur panjang Nataru dan tidak diperkenankan mengambil cuti tahunan.

Hayo, sobat Millens mau berlibur ke mana nih? Kalau sudah punya rencana perjalanan, sebaiknya pesan tiket sekarang supaya nggak kehabisan, ya. (IB09/E04)