Salat Tarawih Terlama di Indonesia, Selesai Langsung Sahur!

Salat Tarawih Terlama di Indonesia, Selesai Langsung Sahur!
Ilustrasi: Salat tarawih terlama di Indonesia. (Inibaru.id/Triawanda Tirta Aditya)

Jika biasanya di bulan puasa kita melihat video tentang salat tarawih yang super cepat, di Magetan, tepatnya di Pondok Pesantren Al Fatah, justru ada salat tarawih terlama di Indonesia. Seberapa lama sih salat tarawih di sana?

Inibaru.id – Biasanya, di setiap bulan puasa kita akan disuguhi video salat tarawih yang super cepat di sejumlah daerah. Nah, ternyata, ada lo sebuah masjid yang justru menjadi tempat salat tarawih terlama di Indonesia. Saking lamanya, usai salat kamu sudah memasuki jam sahur!

Nah, salat tarawih terlama di Indonesia ini berlangsung di Masjid Darussalam yang ada di kompleks Pondok Pesantren Al Fatah, Magetan, Provinsi Jawa Timur. Jumlah salat tarawih dan witir di sini adalah 20+3 rakaat. Tapi, waktu yang dibutuhkan untuk menyelesaikannya bisa sampai 8 jam, lo!

Saking lamanya salat ini berlangsung, imamnya bahkan mencapai 6 orang. Kok jumlahnya banyak? Jadi, gini, Millens. Di setiap malam, imam ini membaca Alquran 30 juz. Kalau cuma 1, tentu bakal lelah, bukan? Makanya, kalau ada 6 orang, setiap imam hanya perlu membaca 5 juz saja. Itupun tetap bakal lama sih, sebenarnya.

Di setiap pergantian imam, ada jeda istirahatnya juga, lo. Meski hanya 15 menit, setidaknya jemaah bisa pergi ke toilet atau setidaknya minum dan duduk-duduk sebelum memulai kembali.

Suasana salat tarawih 30 juz di Pondok Pesantren Al Fatah Magetan. (Youtube/JTV Madiun)
Suasana salat tarawih 30 juz di Pondok Pesantren Al Fatah Magetan. (Youtube/JTV Madiun)

Kabarnya, tradisi untuk salat tarawih dengan menghabiskan 30 juz Alquran ini sudah berjalan hampir 10 tahun. Sebelumnya, di setiap malam, salat tarawih hanya dilakukan dengan menghabiskan 1 juz Alquran. Ide ini berawal dari keinginan para santri pondok yang ingin menghafal Alquran. Dengan menghabiskan 30 juz sekaligus dalam semalam, diharapkan para santri akan semakin mudah untuk menghafalkannya.

Menariknya, nggak hanya para santri pondok yang ikut salat tarawih superlama. Warga sekitar juga bisa ikut. Kabarnya mereka harus hafal Alquran. Tujuannya, agar bisa menyimak bacaan imam.

Santri Pondok dari 16 Negara

Lokasi Pondok Pesantren ini tepatnya adea di Desa Temboro, Kecamatan Karas. Di pondok dengan satri sekitar 17 ribu orang ini, ternyata ada banyak santri dari luar negeri, lo. Para santri-santri ini berasal dari 16 negara seperti Malaysia, Singapura, dan Australia. Ada juga santri yang berasal dari negara-negara yang sangat jauh layaknya Somalia atau bahkan Suriname.

Saking terkenalnya Pondok Pesantren Al Fatah di Desa Temboro, orang-orang di sana menyebut desa ini sebagai Kampung Madinah. Selain itu, di desa ini juga ada ATM dari hampir semua bank yang beroperasi di Indonesia lo. Maklum, karena jumlah santrinya sangat banyak, mereka pasti sering membutuhkan kiriman uang dari keluarganya.

Kamu tertarik nggak Millens untuk ikut salat tarawih terlama di Indonesia, ini? Meski sangat lama, pahalanya pasti mantap, deh. (Boo/IB09/E05)