Salah Sebut Soal Menara Kudus, Miss Indonesia Jawa Tengah Mengaku Gugup

Salah Sebut Soal Menara Kudus, Miss Indonesia Jawa Tengah Mengaku Gugup
Miss Jawa Tengah, Alivia Bunga. (Instagram/bungaak)

Perwakilan Miss Indonesia 2020 Jawa Tengah dari Kota Kudus, Jawa Tengah, justru melakukan kesalahan saat menjelaskan tentang Masjid Menara Kudus. Hal ini membuat warga Kudus kecewa. 

Inibaru.id – Perwakilan Jawa Tengah di Miss Indonesia 2020, Alivia Bunga, melakukan kesalahan dengan menyebut Menara Kudus sebagai peninggalan Sunan Kalijaga. Pernyataan Bunga ini sontak memancing kekecewaan masyarakat Kudus. Apalagi dengan fakta bahwa Bunga adalah warga asli Kudus.

Dalam sesi pertanyaan tersebut, Bunga diminta oleh host Roby Purba untuk menyampaikan fakta-fakta menarik dari Kota Kudus yang perlu diketahui masyarakat Tanah Air. Bunga pun menjelaskan tentang Menara Kudus. Hanya saja, dia kemudian menyebut masjid bersejarah ini sebagai peninggalan Sunan Kalijaga. Padahal, masjid ini sebenarnya adalah peninggalan Sunan Kudus yang dibangun pada 1549 M.

Menara Kudus. (pegipegi.com)
Menara Kudus. (pegipegi.com)

Banyak warganet, khususnya yang berasal dari Kudus yang menyayangkan kesalahan ini. Ada yang sampai mengaku malu karena perwakilan dari kotanya justru mengeluarkan pernyataan yang menunjukkan ketidakpahaman tentang sejarah dari Kota Kudus ke seantero negeri.

Kepala Bidang Pariwisata Dinas Kebudayaan dan Pariwisata (Disbudpar) Kudus, Mutrika memiliki pendapat tersendiri terkait dengan hal ini. Mutrika menyebut Bunga sepertinya melakukan kesalahan yang nggak dia sadari.

“Mungkin antara apa yang dimaksud dengan yang diucapkan berbeda, atau dia grogi,” ucap Mutrika.

Mutrika pun menyebut kesalahan yang dilakukan Bunga sebagai sesuatu yang wajar. Apalagi dengan fakta bahwa Bunga sudah melakukan yang terbaik hingga menembus 16 besar. Dia pun berharap Bunga bisa belajar dari kesalahan ini di masa depan.

Alivia Bunga. (radarkudus.jawapos.com/)
Alivia Bunga. (radarkudus.jawapos.com/)

Sadar akan kesalahan yang dibuatnya, Bunga pun mengklarifikasi hal tersebut. Dia menyebutkan bahwa kesalahannhya adalah akibat dari dirinya yang gugup karena menghadapi suasana yang mendebarkan.

“Bukannya saya tidak tau, tapi pada saat itu namanya lagi grogi, niatnya mau bilang peninggalan Wali Songo tapi keluarnya kok Sunan Kalijaga,” ucapnya.

Sebagai informasi, gadis kelahiran Semarang pada 19 November 1998 ini tinggal di Kecamatan Kota, Kudus. Sebelum menjadi perwakilan Jawa Tengah di ajang Miss Indnesia 2020, Bunga menjadi pemenang di ajang pemilihan Duta Wisata Kudus pada 2018 dan Duta Wisata Jawa Tengah setahun sebelumnya.

Kalau menurut Millens, kesalahan yang dilakukan oleh Bunga ini wajar nggak sih? (ISK/IB09/E06)

Tags :