Sah, Jakarta Masuk Daftar Kota Termahal di Dunia

Sah, Jakarta Masuk Daftar Kota Termahal di Dunia
Jakarta masuk daftar kota termahal di dunia. (Flickr/ Stefan Magdalinski)

Biaya hidup di Jakarta memang dikenal lebih mahal dari kota-kota lain di Indonesia. Bahkan, Jakarta kini masuk daftar kota termahal di dunia. Di urutan berapakah Jakarta?

Inibaru.id – Gemerlapnya Ibu Kota Jakarta ternyata nggak selalu menarik perhatian semua orang. Masih ada lo orang yang nggak mau kerja atau hidup di Jakarta karena khawatir dengan biaya hidupnya yang mahal. Apalagi sekarang Jakarta masuk daftar kota termahal di dunia.

Jadi gini Millens, dalam daftar terbaru 25 kota termahal di dunia pada 2021 yang dikeluarkan Global Wealth and Lifestyle Report, Jakarta masuk dalam urutan ke-20. Jakarta bahkan dianggap lebih mahal dari kota-kota populer lainnya seperti Sao Paulo di Brasil, Mumbai di India, Vancouver di Kanada, hingga Ibu Kota Meksiko, Mexico City.

Menariknya, laporan yang ditulis oleh Julius Baer Bank ini menyebut Asia sebagai benua paling mahal bagi orang tajir. Fakta ini diungkap dari lima besar kota termahal dunia di mana empat di antaranya berasal di Asia. Kota-kota tersebut secara berurutan adalah Shanghai, Tokyo, Hong Kong, serta Taipei.

Satu-satunya kota dari luar Asia yang masuk lima besar adalah Monaco, negara kecil super-tajir yang berbatasan langsung dengan Perancis.

Biaya hidup di Jakarta memang cukup mahal jika dibandingkan kota lain di Indonesia. (Flickr/

Ya, saya inBaliTimur)
Biaya hidup di Jakarta memang cukup mahal jika dibandingkan kota lain di Indonesia. (Flickr/ Ya, saya inBaliTimur)

Dari mana data kota termahal ini berasal? Menurut Julius Baer Bank, mereka mendapatkan data berupa harga-harga barang mewah yang dibeli oleh orang-orang kaya di 25 kota. Meski begitu, ada empat dari total 18 barang yang biasanya masuk dalam daftar yang diganti karena faktor berubahnya kebiasaan belanja manusia akibat pandemi.

Empat barang tersebut adalah botox, piano, wedding banquets, serta personal trainers. Barang-barang itu diganti jadi sepeda, peralatan olahraga treadmill, asuransi kesehatan, dan barang-barang teknologi seperti laptop atau telepon.

Menariknya, barang-barang yang sebelumnya sering dianggap mahal dan mewah layaknya sepatu wanita dan anggur turun drastis. Harga sepatu wanita rata-rata turun 11,7 persen, sementara harga anggur turun sebanyak 5,3 persen. Nah, kalau harga tiket pesawat kelas bisnis dan jam tangan justru mengalami peningkatan dengan signifikan.

Wah, wah, apakah hal ini berarti biaya hidup di Ibu Kota juga semakin mahal ya mengingat Jakarta masuk daftar kota termahal di dunia? (Det/IB09/E05)