Sadarkah Kamu, Hello Kitty Jadi Penguasa Jalanan Indonesia?

Sadarkah Kamu, Hello Kitty Jadi Penguasa Jalanan Indonesia?
Truk dengan stiker Hello Kitty sangat mudah ditemui di jalanan Indonesia. (Detik/Suci Damaeanti)

Coba deh kamu cermati, banyak sepeda motor, mobil, dan jenis kendaraan lainnya di jalanan Indonesia yang memakai stiker atau pernak-pernik Hello Kitty. Kok bisa ya?

Inibaru.id – Siapa sih yang nggak kenal dengan Hello Kitty? Salah satu karakter dengan tema imut buatan Sanrio, Jepang, ini bisa kamu temui di berbagai benda. Menariknya, nggak hanya di alat tulis atau pernak-pernik lainnya, kamu akan sangat mudah menemukan karakter Hello Kitty di jalanan.

Selain dijadikan stiker di mobil atau sepeda motor, kamu akan dengan mudah menemukan stiker Hello Kitty di truk, bus, dan beragam alat transportasi umum lainnya di jalanan Indonesia. Begitu terkenalnya stiker Hello Kitty, sampai-sampai ada yang menyebut popularitasnya mengalahkan stiker mobil legendaris seperti stiker real men pedal atau stiker Taman Safari.

Sepeda motor dengan tema Hello Kitty. (Twitter.com/musikRH)
Sepeda motor dengan tema Hello Kitty. (Twitter.com/musikRH)

Seorang pebisnis penyedia stiker mobil dari Bandung, Jawa Barat bernama Lengga Mardiani bahkan mengaku permintaan stiker ini sangat tinggi di Bandung.

“Kalau dihitung, bisa sampai 15 mobil yang meminta stiker Hello Kitty setiap bulannya. Kalau dibandingkan dengan tokoh kartun lain, Hello Kitty paling banyak,” ucap Lengga pada Maret 2017.

Menariknya, meski sering dianggap sebagai karakter yang sangat girly, realitanya penggemar Hello Kitty nggak hanya berasal dari kaum hawa. Banyak laki-laki yang nggak berpikir dua kali untuk memakai karakter ini di barang-barang mereka, baik itu berupa dijadikan stiker di ponsel, sepeda motor, atau bahkan mobil.

Mobil dengan penutup roda cadangan Hello Kitty. (Twitter.com/moelmoelmoel)
Mobil dengan penutup roda cadangan Hello Kitty. (Twitter.com/moelmoelmoel)

Karena alasan ini pulalah, kamu nggak perlu heran kalau melihat ada truk atau bus jarak jauh dan dikendarai oleh pria dewasa ada stiker Hello Kitty berukuran besar. Intinya sih, karakter ini memang sangat populer di jalanan Indonesia.

Hello Kitty ternyata sudah muncul sejak 1974. Pernak-perniknya telah mendunia dan diperkirakan sudah memiliki nilai kapitalisasi pasar lebih dari Rp 93 triliun! Di Indonesia, karakter ini mulai populer sejak 1990-an. Menariknya, meski Sanrio nggak membuka cabang resmi di Tanah Air, produk-produk Hello Kitty tersebar luas hingga ke seantero negeri.

Bisa dikatakan, popularitas Hello Kitty telah menembus batas gender, usia, hingga kelas ekonomi. Nah, coba deh kamu cek di sekitarmu atau bahkan di jalanan yang sering kamu lewati. Pasti mudah deh menemukan karakter Hello Kitty, Millens. (Vic/IB09/E05)