Sadar dan Bertobat, Warga Amerika Serikat Kini Mulai Cebok dengan Air

Sadar dan Bertobat, Warga Amerika Serikat Kini Mulai Cebok dengan Air
Ilustrasi: Toilet. (Flickr/ Wang Creck)

Cebok dengan tisu mungkin sudah menjadi kebiasaan tersendiri bagi warga Amerika Serikat. Tapi, sepertinya mereka mulai sadar dan bertobat, Millens. Belakangan, seruan untuk cebok dengan menggunakan air terus dilantangkan.

Inibaru.id - Cebok dengan menggunakan tisu bagi orang Amerika dan negara-negara Barat mungkin sudah menjadi budaya. Sebab, kebiasaan itu sudah mengakar lama. Hal itu tentu berbanding terbalik dengan kebiasaan masyarakat Indonesia yang selalu menggunakan air untuk bersih-bersih setelah buang air.

Namun, kebiasaan warga Amerika Serikat itu tampaknya bakal berubah. Hal itu ditunjukan dari sebuah video yang viral di sosial media Twitter lewat akun @attn. Dalam video tersebut, tampak bagaimana warga Amerika Serikat mulai terbiasa cebok mengggunakan air. Narasi dari video ini juga menyarankan untuk mengurangi kebiasaan cebok dengan menggunakan tisu.

Video yang menunjukan orang Amerika mulai cebok dengan menggunakan air. (Twitter)<br>
Video yang menunjukan orang Amerika mulai cebok dengan menggunakan air. (Twitter)

Dalam rekaman tersebut tertera caption yang berbunyi, "Kertas toilet/tisu bukanlah satu-satunya pilihan kita."

Selain itu, video tersebut juga menjelaskan kalau sebenarnya tisu nggak membersihkan apa-apa. Bahkan, penggunaan tisu bisa jadi membahayakan kulit karena kertas toilet mengandung bahan yang bisa membuat kulit teriritasi.

Terlebih, cebok menggunakan air juga dapat mengurangi ketergantungan terhadap kertas. Hal ini penting, Millens, karena menurut data yang beredar, sebanyak 15 juta pohon ditebang hanya untuk memproduksi kertas toilet setiap bulannya. Sayang, bukan?

Memancing Reaksi Warganet Indonesia

Warganet Indonesia yang terbiasa cebok dengan air pun langsung memberikan respons beragam terhadap video ini. Ada yang bersyukur akhirnya warga Amerika Serikat mulai menyadari pentingnya menggunakan air saat cebok. Ada pula yang sekadar melontarkan candaan bakal memberikan give away gayung bagi warga Amerika.

Reaksi wargante yang bersyukur. (Twitter)<br>
Reaksi wargante yang bersyukur. (Twitter)
Bayangkan kalau beneran give away payung. (Twitter)<br>
Bayangkan kalau beneran give away payung. (Twitter)

Meski terkesan remeh, sebenarnya revolusi kebiasaan cebok dari memakai tisu dan air ini bisa mempengaruhi lingkungan dan dunia, nggak sih, Millens? (Kee/IB28/E07)