Sabun Batangan, Amankah Dipakai Cuci Tangan di Masa Pandemi Corona?

Sabun Batangan, Amankah Dipakai Cuci Tangan di Masa Pandemi Corona?
Kebanyakan masyarakat Indonesia masih menggunakan sabun batangan untuk mandi dan mencuci tangan. (Flickr/ Ilya Yakubovich)

Pemerintah menganjurkan masyarakat untuk sesering mungkin mencuci tangan dengan sabun dan air mengalir. Hanya, apakah sabun yang bisa digunakan untuk mencuci tangan hanya sabun cair? Bagaimana jika di rumah hanya tersedia sabun batangan? 

Inibaru.id - Ada beberapa macam cara untuk melindungi diri dari virus corona, salah satunya adalah dengan rutin mencuci tangan dengan sabun dan air mengalir sesering mungkin.

Sebagian besar masyarakat merasa lebih nyaman mencuci tangan menggunakan sabun cair karena sangat mudah untuk digunakan. Hanya, masih ada orang yang memakai sabun batangan. Masalahnya adalah sabun batangan akan sering kamu sentuh berkali-kali. Lantas, apakah nggak apa-apa jika kamu mencuci tangan dengan sabun tangan?

Ada banyak sekali alasan yang membuat seseorang memilih sabun batangan. Sebagai contoh, sabun batangan lebih mudah ditemukan, memiliki harga yang lebih terjangkau dibandingkan dengan sabun cair, dan satu-satunya pilihan sabun yang bebas dari plastik. Hanya, sabun batangan yang dipakai untuk mencuci tangan biasanya dipakai bersama-sama oleh banyak orang.

Meski terlihat nggak higienis karena dipakai oleh banyak orang, para ahli menyebut virus nggak akan bisa hidup di permukaan atau bagian dalam sabun. Hal ini disebabkan oleh bahan dari sabun yang bisa membunuh virus. Hal ini berarti, kamu bisa menggunakan sabun batangan untuk cuci tangan.

Ilustrasi sabun batangan. (Flickr/mynameisharsha)
Ilustrasi sabun batangan. (Flickr/mynameisharsha)

Kalau masih nggak yakin, kamu bisa menggunakan sabun cair daripada sabun batangan. Tapi tetaplah berhati-hati untuk nggak menyentuh bagian pompanya dengan bagian tangan yang masih kotor ya, Millens. Bisa jadi wadah ini sudah terkontaminasi virus.

“Sabun cair biasanya dalam wadah plastik, dan sangat sulit untuk menggunakannya tanpa menyentuh bagian luarnya,” ujar Darien Sutton, seorang dokter di New York, Amerika Serikat. 

Sabun batang memang aman dan higienis untuk digunakan, namun Sutton menyarankan kamu menggunakan sabunmu sendiri dan menjaganya terpisah dari sabun yang digunakan oleh orang yang tinggal bersamamu.

Kamar mandi merupakan tempat berkembang biak yang sangat efektif bagi bakteri. Kalau kamu berbagi kamar mandi dengan orang-orang dari luar rumah juga, sebaiknya memakai sabun terpisah yang nggak dipakai orang lain.

Jadi, kamu nggak perlu bingung lagi kalau ingin mencuci tangan namun yang tersedia hanya sabun batangan. Tetap ampuh kok menghalau virus dan kuman, Millens. (Kom/IB24/E07)