Saat Suhu Dingin, Sebaiknya Mandi Air Dingin atau Air Hangat?

Nggak ada salahnya kok kamu mandi pada malam hari saat suhu dingin. Namun, sebaiknya mandi dengan air dingin atau air hangat ya?

Saat Suhu Dingin, Sebaiknya Mandi Air Dingin atau Air Hangat?
Ilustrasi mandi. (IStock)

Inibaru.id – Bagi sebagian sobat Millens, pulang malam usai bekerja atau berkegiatan mungkin adalah hal biasa. Kalau pulang malam, biasanya akan dilanda kebingungan antara mandi atau tidak. Dilema biasanya akan menghampiri karena badan lengket pengin dimandikan tapi suhu malam yang cenderung dingin membuat mager alias malas gerak.

Seorang dokter umum di Rumah Sakit TNI Angkatan Laut (RSAL) dr Oepomo, Suravaya, dr Yance Tengker mengatakan mandi air dingin atau hangat sebetulnya punya keuntungan dan kerugian masing-masing sehingga nggak ada yang baik atau buruk.

Namun menurut dr Yance, pada kondisi suhu dingin disarankan untuk mandi air hangat karena dapat membantu meningkatkan suhu tubuh.

“Kalau udara dingin ditambah lagi mandi dengan air dingin malah akan memperberat tubuh kita dalam proses menghangatkan tubuh,” ujar dr Yance seperti ditulis laman Kompas (19/7/2019).

Kendati demikian, bila suhu malam tetap normal alias nggak dingin, nggak ada salahnya kok, mandi dengan air dingin.

Nah, terkait anggapan mandi malam dapat menyebabkan rematik, dr Yance berkata kalau hal tersebut hanya sebatas mitos. Lebih lanjut, dr Yance menjelaskan kalau rematik itu sebetulnya penyakit peradangan pada sendi yang disebabkan berbagai faktor seperti penyakit autoimun, bakteri, atau virus.

“Tapi orang yang sudah menderita rematik memang disarankan untuk tidak mandi dengan air dingin karena akan memperberat keadaan pasien sendiri,” jelasnya.

Selain itu, dr Yance juga memberi saran kepada masyarakat untuk tetap menjaga kesehatan tubuh dengan pola hidup sehat lainnya seperti mengonsumsi vitamin hingga rajin berolahraga.

“Intinya adalah gaya hidup sehat. Itu sudah meliputi banyak hal, termasuk jaga pola makan dan apa yang dimakan, istirahat cukup, hindari stres berlebihan, dan berolahraga teratur karena olahraga juga membantu meningkatkan heart rate (denyut jantung) sehingga dapat menjaga kesehatan jantung dan meningkatkan metabolisme tubuh,” kata dr Yance.

Nah, jadi nggak ada alasan buatmu untuk nggak mandi di malam hari ya, Millens. (IB07/E04)