Saat Silahturami, Jangan Lakukan 3 Hal Ini!

Saat Silahturami, Jangan Lakukan 3 Hal Ini!
Hindari topik yang sensitif supaya komunikasi tetap asyik. (Groundwellinternational.org)

Lebaran sangat identik dengan kegiatan silaturahmi dengan keluarga, sanak saudara, atau teman-teman. Agar silaturahmimu tetap asyik, jangan lakukan hal ini ya.

Inibaru.id – Lebaran adalah waktu yang tepat untuk menjalin silahturami dengan teman maupun keluarga. Lama tidak berjumpa, pastinya ada banyak bahan pembicaraan yang menarik saat silaturahmi. Kendati demikian, nggak berarti semua hal bisa dibicarakan saat silaturahmi ya, Millens. Daripada bikin suasana nggak nyaman, sebaiknya kamu menghindari melakukan tiga hal ini.


1. Pamer
Saat bersilahturami, nggak jarang orang bercerita tentang kesuksesan yang sudah diraihnya. Jika pembicaraan bertujuan untuk berbagi pengalaman ya nggak masalah. Hal-hal positif dari orang tersebut bisa membuat orang lain termotivasi untuk introspeksi diri supaya bisa lebih baik daripada kemarin. Akan tetapi, bila kamu pengin pamer dengan kesuksesan itu, mending jangan deh.


2. Topik Sensitif
Bagi sebagian orang, pertanyaan “Kapan menikah?” atau “Kapan punya anak?” adalah pertanyaan yang dianggap wajar saat berkumpul dengan orang lain. Namun, bagi sebagian yang lain, pertanyaan itu bisa membuatnya nggak nyaman. Rasa nggak nyaman ini muncul karena sesuatu yang seharusnya menjadi privasi justru dianggap sebagai masalah bagi orang lain. Jadi, lebih baik carilah topik-topik yang netral seperti membahas kuliner yang lezat di tempatmu atau mungkin film yang asik buat ditonton.


3. Salah Ucap
Setiap orang memiliki privasi masing-masing. Nah, saat ngobrol biasanya privasi orang lain nggak sengaja terungkap.  Hal itu bisa membuat orang lain memandangmu suka ikut campur urusan orang. Karena itu, hindari obrolan yang terlalu mengumbar privasi karena itu juga akan membuat lawan bicaramu nggak nyaman. Daripada menceritakan masalahmu atau masalah anggota keluargamu, isi saja pembicaraan kalian dengan nostalgia atau hal menarik lainnya.

Selamat bersilaturahmi, Millens. (IB15/E04)