Saat Ken Arok Memerintah Singasari, Universitas Cambridge Sudah Berdiri

Saat Ken Arok Memerintah Singasari, Universitas Cambridge Sudah Berdiri
Universitas Cambridge berdiri pada 1209 dan Singasari baru didirikan Ken Arok pada 1222. (Flickr/llee_wu)

Kamu sadar nggak kalau usia Universitas Cambridge itu lebih tua dari saat Kerajaan Singasari didirikan Ken Arok? 

Inibaru.id – Belakangan ini di media sosial Twitter viral sebuah fakta paradoks waktu tentang Universitas Cambridge di Inggris dan Ken Arok yang ternyata berkaitan. Jadi, ternyata berdirinya salah satu universitas paling terkenal di dunia ini ada di waktu yang sama saat Ken Arok hidup, lo!

Sebenarnya sih, ya, fakta ini sudah berkali-kali diungkap warganet. Namun, unggahan akun Twitter @snogthenbite pada Jumat (17/9/2021) viral di media sosial. Unggahan ini menunjukkan fakta kalau Ken Arok mendirikan Kerajaan Singasari pada 1222. Sementara itu, sekitar 13 tahun sebelumnya, Universitas Cambridge didirikan di Inggris pada 1209 atau 13 tahun sebelum Singasari eksis.

Warganet pun kemudian bercanda kalau Ken Arok sebenarnya punya kemungkinan untuk kuliah di Cambridge. Meski begitu, karena teknologi di saat itu sangat berbeda dengan zaman sekarang, besar kemungkinan Ken Arok nggak pernah mendengar nama Cambridge selama hidupnya.

Selain itu, di zaman itu jelas nggak ada beasiswa LPDP yang jadi andalan anak muda Indonesia untuk kuliah di luar negeri. Haha.

Mengenal Universitas Cambridge

Kamu tahu nggak kalau Universitas Cambridge ini sebenarnya adalah ‘sempalan’ dari Universitas Oxford. Kalau universitas yang disebut terakhir ini, belum jelas kapan waktu berdirinya meski sudah ada catatan kalau pada 1096 sudah ada perkuliahan. Hm, jadi orang-orang di Inggris sudah kuliah saat Nusantara masih ada di zaman Kerajaan Sriwijaya.

Balik lagi ke Universitas Cambridge, Millens. Kampus ini adalah tertua kedua di Inggris dan tertua keempat di seluruh dunia. Dulu, universitas ini didirikan karena cendikiawan dari Oxford berselisih dengan masyarakat Kota Oxford sehingga memilih untuk membangun kampus baru di tempat lain.

Ken Arok bersiasat untuk meruntuhkan Kediri dan mendirikan Singasari di masa Cambridge dan Oxford sudah menggelar perkuliahan. (Kompas)
Ken Arok bersiasat untuk meruntuhkan Kediri dan mendirikan Singasari di masa Cambridge dan Oxford sudah menggelar perkuliahan. (Kompas)

Menariknya, di zaman modern sekarang, Cambridge jadi kota pelajar di Inggris sana. Setidaknya, 20 persen dari populasi Cambridge adalah para pelajar yang kuliah di kampus populer tersebut. Bahkan, Cambridge sering disebut sebagai salah satu kampus terbaik sedunia.

Bagaimana dengan Nasib Ken Arok?

Kita semua tahu kalau Ken Arok nggak pernah kuliah. Tapi, bisa jadi Ken Arok juga belajar di padepokan-padepokan di Indonesia. Kalau nggak, ya nggak mungkin lah dia cerdik melakukan berbagai siasat sehingga bisa sampai mendirikan Singasari dan secara nggak langsung meruntuhkan Kerajaan Kediri yang saat itu dipimpin Raja Kertajaya.

Saat mendirikan Singasari, dia diangkat menjadi raja dan diberi gelar Sri Rajasa Bathara Sang Amurwabhuni. Ken Arok memerintah kerajaan ini pada 1222 hingga 1247 atau 25 tahun. Meski begitu, ada catatan lain yang menyebut Ken Arok hanya memerintah hingga 1227 saja.

Ironisnya, Ken Arok meninggal di tangan anak tirinya, Anusupati. Anusupati adalah anak dari Tunggul Ametung, suami Ken Dedes yang dibunuh Ken Arok demi menguasai Tumapel, cikal bakal dari Kerajaan Singasari.

Jadi penasaran ya, Millens. Kalau sampai Ken Arok kuliah di Cambridge, seperti apa ya jalan hidupnya. (Oke,Tir,Wik/IB09/E05)