Riwayat Penyakit Ini Paling Banyak Dimiliki Korban Covid-19 yang Meninggal di Indonesia

Riwayat Penyakit Ini Paling Banyak Dimiliki Korban Covid-19 yang Meninggal di Indonesia
Beberapa negara, pasien pria lebih banyak terinfeksi dan meninggal karena corona. (Getty Images/iStockphoto/fotomay)

Meski banyak yang sembuh, dalam realitanya jumlah korban meninggal akibat virus corona (Covid-19) semakin bertambah. Ternyata, ada riwayat penyakit tertentu yang diidap oleh para korban yang meninggal. Apakah penyakit tersebut?

Inibaru.id - Juru bicara pemerintah untuk penanganan virus corona, Achmad Yurianto menginformasikan bahwa sebagian besar pasien virus corona yang meninggal berusia di atas 50 tahun. Selain itu, sebagian besar korban meninggal juga memiliki riwayat penyakit lain yang diderita sebelumnya.

Yuri menyebut virus corona turut memperburuk daya tubuh pasien sehingga membuat gejala penyakit lainnya semakin parah. Hal ini berarti, terkadang virus Covid-19 nggak selalu menjadi penyebab utama dari meninggalnya para korban, namun memicu komplikasi yang berbahaya akibat penyakit bawaan sebelumnya.

"Sebagian besar yang meninggal ini, terutama pada kelompok usia di atas 50 tahun memiliki penyakit-penyakit komorbid atau penyakit-penyakit sebelumnya," jelas Achmad Yurianto pada Senin (13/4/2020).

Menurut pemerintah, penyakit komorbid terbanyak yang diidap oleh para korban meninggal adalah tekanan darah tinggi yang sudah diderita bertahun-tahun serta diabetes.

"Selain itu, banyak korban yang sudah memiliki riwayat penyakit paru-paru yang kronis semisal asma, bronkitis, dan TBC," lanjutnya.

Tingkat kematian pria yang terpapar Covid-19 lebih tinggi. (AntaraFoto/Reuters/Yonhap)
Tingkat kematian pria yang terpapar Covid-19 lebih tinggi. (AntaraFoto/Reuters/Yonhap)

Nggak hanya faktor usia dan penyakit komorbid, perilaku pola hidup sehat dan kondisi sistem kekebalan tubuh juga turut memperburuk faktor risiko kematian bagi penderita Covid-19. Kebiasaan merokok, rendahnya mobilitas, dan obesitas juga bisa menjadi faktor lain yang meningkatkan peningkatan risiko tersebut.

Pria Lebih Rentan Meninggal Akibat Covid-19 Dibandingkan dengan Wanita

Data yang dikumpulkan Globalhealth dan CNN dari 44 negara untuk melihat persentase pasien dan korban meninggal karena Covid-19 menunjukkan fakta bahwa kaum pria lebih berisiko meninggal akibat penyakit ini dibandingkan dengan wanita.

Dicky Budiman, seorang Epidemiolog kandidat doktor dari Griffith University Australia menjelaskan bahwa penyebab pria lebih rentan meninggal karena virus Covid-19 disebabkan oleh kecenderungannya yang nggak begitu baik menjaga kondisi kesehatan.

"Data membuktikan bahwa pria belum terdorong atau bersikap pro aktif untuk melindungi kesehatan dirinya sendiri. Pria harus didorong untuk memeriksakan diri lebih awal, tidak menunggu sampai timbul gejala," jelasnya.

Baik itu yang sudah memiliki riwayat penyakit atau tidak. Pastikan untuk menjaga gaya hidup sehat dan di rumah aja agar nggak mudah tertular virus corona, ya Millens(Det/MG29/E07)