Risiko yang Mengintai Kamu Saat Diet Hanya Makan Sekali Sehari

Risiko yang Mengintai Kamu Saat Diet Hanya Makan Sekali Sehari
Hati-hati dengan program diet tanpa konsultasi dokter. (Shutterstock)

Pengen diet dengan makan sehari satu kali? Yakin nggak berbahaya? Yuk, kenali efek sampingnya.

Inibaru.id – Diet adalah cara ampuh untuk menurunkan berat badan. Mulai dari olahraga teratur dan mengurangi porsi makan.

Meski terlihat ampuh buat menurunkan berat badan, diet juga memiliki banyak risiko dibanding manfaat lo. Yups, salah satunya adalah One Meal A Day atau sering disingkat OMAD.

OMAD merupakan salah satu cara diet ekstrem, yakni dengan makan sehari sekali pada malam hari saja. Dilansir dari Times of India, berikut efek samping diet OMAD.

Obesitas Jangka Panjang

Menurunkan berat badan dengan cepat sangat menganggu kesehatan. Mengkin dengan OMAD berat badan akan turun secara drastis namun jika program ini sudah berhenti maka berat badan yang hilang akan kembali normal.

Tekanan Pencernaan

Dengan makan sehari sekali perut dan organ pencernaan dipaksa untuk menekan jumlah porsi makan yang masuk dalam tubuh. Selain memberikan efek mulas, hal ini juga berpengaruh pada jantung. Karena jantung harus bekerja keras memompa darah yang ekstra ke usus dapat menimbulkan tekanan darah naik.

Energi Berkurang

Dengan makan sehari sekali tubuh akan lemah, dan tubuhmu akan gemetar karena asupan energi yang masuk pada berkurang. Sehingga secara otomatis kamu bakal mudah kelelahan.

Nah, sebelum melakukan program diet kamu perlu berkonsultasi dengan dokter terlebih dahulu. Setiap orang memiliki kapasitas tubuh yang berbeda-beda, sehingga kamu nggak bisa sembarangan menggunakan program untuk diet. (IB30/E05)