Risiko Ini Mesti Kamu Tanggung Bila Pakai Kacamata Hitam Sembarangan

Risiko Ini Mesti Kamu Tanggung Bila Pakai Kacamata Hitam Sembarangan
Ilustrasi memakai kacamata hitam. (The Hans India)

Kacamata hitam nggak hanya berfungsi sebagai aksesoris, tapi juga sebagai pelindung mata. Karena itulah jangan sembarangan pakai kacamata hitam kalau nggak mau kena getahnya.

Inibaru.id – Sering difungsikan sebagai aksesori tambahan, kacamata hitam sebenarnya punya fungsi lebih. Kacamata ini sangat berfungsi untuk melindungi mata dari paparan sinar matahari yang mengandung sinar ultraviolet. Karena itulah, kacamata hitam yang hendak digunakan nggak boleh sembarangan.

Mengingat fungsi itu, jangan sampai kamu tergiur membeli kacamata hitam karena harganya yang murah. Kacamata hitam dengan harga murah bisa saja nggak melindungi mata dari paparan sinar matahari. Kacamata murah biasanya nggak dilengkapi dengan lensa pelindung sinar UV-A dan UV-B. Padahal, poin itu yang paling penting. Mata yang terus menerus terpapar sinar ultraviolet matahari sangat berisiko terkena katarak.

Dilansir dari laman Doktersehat, seorang dokter spesialis mata dari American Academy of Ophthalmology, Wayne Bizer mengatakan kacamata yang tidak dilengkapi dengan pelindung sinar UV berpotensi menyebabkan penyakit mata lainnya yakni degenerasi makula. Ada juga yang mengakibatkan berkembangnya sel kanker melanoma mokular meskipun kasus ini jarang ditemui.

Selain itu, bahaya memakai kacamata sembarangan lainnya adalah bisa mengakibatkan iritasi kulit. Bingkai kacamata yang terbuat dari bahan yang nggak higienis dapat mengakibatkan iritasi. Cat yang digunakan pun juga bukan cat yang aman bagi kulit.

Pantulan cahaya yang terpapar pada lensa depan kacamata juga dapat merusak kulit halus di sekitar mata. Pemakai akan merasakan sensasi terbakar dan timbul keriput. 

Kendati begitu, nggak semuakacamata dengn harga murah, kualitasnya juga murahan, Millens. Kamu bisa mendapat kacamata murah tanpa menjebol kantong. Namun, sebelum membeli, periksa lagi bahan-bahan pembuat kacamata. Pastikan bahan-bahan itu aman untuk mata dan kulitmu, ya. (IB07/E04)