Rinni Idol Beberkan Alasan Video “Keke Bukan Boneka” Dihapus

Rinni Idol Beberkan Alasan Video “Keke Bukan Boneka” Dihapus
Video Kekeyi berjudul Keke Bukan Boneka sempat trending di Youtube Indonesia, namun video ini kemudian dihapus. (Twitter.com/TomangMandala)

Video lagu “Keke Bukan Boneka” dari Kekeyi yang sempat trending di Youtube beberapa waktu lalu dihapus oleh pihak Youtube. Lagu itu dianggap mirip dengan lagu berjudul “Aku Bukan Boneka” yang dipopulerkan Rinni Wulandari. Seperti apa penjelasan Rinni terkait hal ini ya?

Inibaru.id – Sempat menduduki posisi pertama trending Youtube Indonesia, video Keke Bukan Boneka tiba-tiba saja dihapus dari kanal Youtube Kekeyi. Kejadian yang membuat banyak netizen bertanya-tanya itu terjadi pada Kamis (4/6/2020) malam.

Pelantun lagu Aku Bukan Boneka, Rinni Wulandari dituding warganet sebagai orang di balik hilangnya lagu Kekeyi itu. Akun akun media sosial Rinni diserang warganet dengan berbagai komentar yang menyudutkan. Nggak pengin ada salah paham, Rinni memberikan penjelasan lewat akun Instagramnya @rinni_w.

Terkait dengan di take down-nya lagu Keke Bukan Boneka adalah di luar wewenang aku. Semua adalah keputusan label @sonymusicid @novi_umara81 selaku pemilik hak cipta dari Aku Bukan Boneka, yang dimana Sony Music sekarang bukan lagi label aku," tulis Rini pada Jumat (5/6).

Rinni Idol menjelaskan penyebab video Kekeyi dihapus dari Youtube. (Instagram.com/rinni_w)
Rinni Idol menjelaskan penyebab video Kekeyi dihapus dari Youtube. (Instagram.com/rinni_w)

Dia menjelaskan, hilangnya lagu yang mencuri banyak perhatian publik itu merupakan keputusan pihak label. Tercantum hak cipta berupa tulisan ‘Copyright claim by Rini Idol – Aku Bukan Boneka’ dalam akun yang dihapus. Hal ini disebabkan oleh peraturan Youtube yang selalu menulis judul lagu dan penyanyi asli. Rinni berharap warganet nggak lagi salah paham dengan hal ini.

Kenapa ada tulisan "Copyright claim by Rini Idol - Aku Bukan Boneka"? Nah, video yang kena takedown sama Youtube selalu mencatut judul lagu dan penyanyi aslinya. Jadi nama aku beserta judul lagunya tercantum disitu," lanjut penyanyi jebolan ajang pencarian bakat tersebut.

Di sisi lain, Youtuber Kekeyi angkat suara terkait hilangnya video tersebut lewat unggahan Instagram Story. Pemiliki nama asli Rahmawati Kekeyi Putri tersebut mengaku ikhlas menerimanya.

Kekeyi mengaku ikhlas videonya dihapus dari Youtube. (Twitter.com/shadyagnezmo)
Kekeyi mengaku ikhlas videonya dihapus dari Youtube. (Twitter.com/shadyagnezmo)

"Saat ini aku ingin belajar ikhlas, dan aku belajar untuk menerima serta aku ingin menghilangkan trauma dalam diriku," tulis dia.

Kekeyi mengaku deg-degan saat lagu Keke Bukan Boneka trending di Youtube Indonesia selama sepekan. Dia juga sempat khawatir dengan masalah hak cipta. Apalagi hujatan warganet di kolom komentar video tersebut juga cukup banyak. Kini, Kekeyi ingin merenung dan meminta penggemarnya untuk nggak mengganggunya untuk sementara waktu.

"Biarkan aku termenung sahabat. Tolong jangan ganggu saya dulu," pungkas Kekeyi.

Kamu ikut sedih juga nggak, Millens, atas hilangnya video Kekeyi ini? (MG26)