Rifdah Juarai Musabaqah Hifdzil Quran Internasional

Seorah gadis asal Sumedang, Jawa Barat menjadi juara kedua pada Musabaqah Hifdzil Quran (MHQ) Internasional. Dia berhasil mengalahkan 29 peserta lainnya yang berasal dari berbagai negara.

Rifdah Juarai Musabaqah Hifdzil Quran Internasional
Rifdah memenangi ajang menghafal Alquran tingkat Internasional. (Antaranews.com)

Inibaru.id - Nama Indonesia kembali bergaung di kancah Internasional berkat Rifdah Farnidah. Gadis asal Sumedang, Jawa Barat itu dinobatkan sebagai juara kedua pada gelaran Musabaqah Hifdzil Quran (MHQ) Putri kategori Tahfizh 30 juz yang diselenggarakan di Amman, Yordania. Kabar bahagia itu disampaikan Kementerian Waqah dan Agama Islam Kerajaan Hasyimiah, Yordania pada Sabtu (24/3/2018).

Rifdah merupakan satu-satunya peserta di luar Timur Tengah yang mendapatkan gelar pada kejuaraan itu. Rifdah berada di bawah perwakilan Aljazair yang menempati posisi pertama, dan di atas perwakilan Iran yang menduduki posisi ketiga. Dia menyisihkan 29 peserta dari 28 negara termasuk Eropa, Amerika, dan Asia.

Duta Besar Indonesia untuk Yordania dan Palestina Andy Rachmianto mengaku sangat bangga dengan prestasi Rifdah dalam MHQ Internasional di Yordania.

Baca juga:
Dipilih Beckham Jadi Duta Anti-Bullying, Sripun Enggan Diliput Terus
Honda PCX 150 cc Terpilih sebagai "Bike of the Year 2018"

“Saya berharap jejak ini dapat diikuti anak muda di Tanah Air agar dapat berperan sebagai agen diplomasi Indonesia sekaligus mengharumkan nama bangsa,” kata Andy dilansir dari Antaranews.com, Kamis (29/3).

Sebelum ini, Rifdah diketahui pernah menjadi juara kedua pada MTQ tingkat Nasional JQHNU golongan 5 juz di Kalimantan Barat 2012 silam. Rifdah juga pernah menyabet juara pertama pada MTQ Nasional golongan 10 juz di Nusa Tenggara Barat 2016 lalu dan juara pertama MTQ Nasional golongan 30 juz di Kalimantan Barat tahun lalu.

Atas prestasinya membawa nama Indonesia ke ajang internasional, Rifdah diundang Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan ke Balaikota Jakarta. Salah seorang ulama yang berasal dari Makkah, Arab Saudi Syekh Khalid Al Hamoudi juga tampak di acara yang diselenggarakan pada Kamis (29/3) itu.

Baca juga:
Memanjakan Lidah di Festival Kuliner Semarang Brotherfood 2018
Puluhan Eks Karyawan Sri Ratu Tuntut Pesangon

Pada acara tersebut, Rifdah mendapatkan hadiah berupa pemberangkatan haji bersama keluarga dan pembimbingnya. Hadiah itu diterima Rifdah dengan tangis bahagia yang bercampur haru karena mendapatkan hadiah yang nggak disangka-sangka.

Selamat Rifdah! Semoga tetap istikamah untuk menyebarkan pesan-pesan damai lewat lantunan ayat Alquran ya. (CUT/IF)