Ria Irawan Meninggal karena Kanker Getah Bening, Begini Cara Turunkan Risikonya

Ria Irawan Meninggal karena Kanker Getah Bening, Begini Cara Turunkan Risikonya
Ria Irawan. (borobudurnews.com)

Ria Irawan meninggal setelah berjuang melawan kanker kelenjar getah bening. Berikut adalah beberapa cara yang bisa kita lakukan demi mencegah risiko kanker kelenjar getah bening.

Inibaru.id – Aktris Ria Irawan tutup usia pada hari ini, Senin (6/1/20). Ria meninggal setelah berjuang melawan kanker kelenjar getah bening.

Kompas, Senin (6/1) menulis, suami Ria, Mayky Wongkar membenarkan kematian istrinya. Dia menyebut Ria meninggal pukul 04.00 WIB. Jenazah Ria disemayamkan di kawasan Lebak Bulus, Jakarta Selatan sebelum dikebumikan.

Semenjak pertengahan 2019, kondisi kesehatan Ria kembali memburuk setelah kanker kelenjar getah bening yang sempat dianggap sembuh pada 2016 silam kambuh. Bahkan, kanker ini memicu munculnya tumor di kepala yang membuatnya mengalami gangguan berbicara.

Meski sudah dirawat di Rumah Sakit Cipto Mangunkusumo, kondisi Ria sudah tak tertolong hingga akhirnya mengembuskan napasnya yang terakhir.

American Cancer Society menyebut ada beberapa cara yang bisa kita lakukan demi menurunkan risiko terkena kanker kelenjar getah bening. Apa saja?

Mencegah Terjadinya Infeksi

Mencuci tangan. (Pioneersettler)

Jika seseorang mengidap penyakit infeksi seperti HIV/AIDS atau penyakit akibat infeksi bakteri layaknya h.pylori, maka risiko untuk terkena kanker kelenjar getah bening akan meningkat. Cara untuk mencegah datangnya infeksi adalah dengan rajin mencuci tangan, menjaga gaya hidup sehat, dan menghindari kebiasaan buruk seperti menggunakan narkoba atau seks bebas.

Menghindari Stres

Lakukan hobi agar tak mudah stress. (Novaelica)

Stres bisa merusak sistem kekebalan tubuh sehingga risiko terkena berbagai macam penyakit seperti kanker meningkat secara signifikan. Pastikan untuk tidur cukup, melakukan relaksasi, menjalani hobi, atau melakukan liburan untuk terhindar dari stres ya.

Menjaga Sistem Kekebalan Tubuh

Istirahat yang cukup. (Shutterstock)

Terapkan gaya hidup sehat dengan pola makan yang sehat, tidur cukup setiap malam, rajin berolahraga, dan menghindari rokok jika ingin menjaga sistem kekebalan tubuh dan menurunkan risiko kanker.

Hindari Paparan Radiasi dan Bahan Kimia Berbahaya

Terapkan keselamatan dan kesehatan bekerja untuk mneghindari radiasi. (Blogtamsu)

Paparan radiasi dan bahan kimia berbahaya dari lingkungan seperti tempat kerja bisa saja meningkatkan risiko terkena kanker kelenjar berat badan. Jangan lupa untuk menerapkan panduan kesehatan dan keselamatan di tempat kerja ya, Millens!

Menjaga Berat Badan Tetap Ideal

Jaga berat badan agar tetap ideal ya. (Shutterstock)

Berat badan berlebihan bisa menurunkan sistem kekebalan tubuh. Tumpukan lemak di dalam tubuh juga bisa meningkatkan kemungkinan terkena kanker.

Pastikan untuk menjaga gaya hidup sehat agar nggak mudah terkena kanker yang mematikan, ya Millens! (IB09/E06)