Review Nintendo Switch Lite: Murah, tapi Nggak Support Semua Gim

Nintendo Switch Lite dipasarkan sebagai versi murah dari konsol Gim Switch sebelumnya. Apa saja kelebihan dan kekurangannya?

<em>Review</em> Nintendo Switch Lite: Murah, tapi Nggak <em>Support</em> Semua Gim
Nintendo Switch Lite (lifehacker.com.au)

Inibaru.id – Nintendo merilis perangkat konsol gim switch dalam versi yang lebih murah dengan nama Switch Lite. Konsol ini dipasarkan dengan harga 100-200 dolar AS atau sekitar Rp 1,4 juta hingga Rp 2,8 juta.

CNN Indonesia, Kamis (11/7/2019), menulis, untuk memainkannya, Switch Lite nggak perlu dihubungkan dengan perangkat televisi.

Meski harganya lebih murah, Nintendo mengklaim Switch Lite lebih kokoh dari konsol sebelumnya. Hal ini disebabkan oleh keberadaan alat pengendali Joy-Con yang nggak lagi dijual secara terpisah.

Selain itu, Switch Lite juga memiliki masa pakai baterai yang jauh lebih awet. Ini disebabkan oleh adanya tata letak chip baru yang memungkinkan penggunaan energi dengan lebih efektif.

Switch Lite tersedia dalam beragam warna yang menarik, dari kuning, abu-abu, hingga pirus. Selain itu, Switch Lite juga akan dipasarkan dalam edisi khusus berupa Pokemon Sword serta Shield.

Konsol gim yang dilengkapi dengan layar sentuh berukuran 5,5 inci ini sebenarnya nggak begitu berbeda dengan versi Switch sebelumnya. Penggunanya juga tetap bisa menggunakan aksesori yang sama layaknya Joy-Con, Switch Pro Controller, hingga Poke Ball Plus. Konsol gim ini juga sudah dilengkapi dengan konektitivitas Bluetooth, NFC, dan WiFi.

“Switch Lite bisa menawarkan lebih banyak pilihan bagi penggemar Nintendo Switch,” jelas Presiden Nintendo Amerika Serikat, Doug Bowser.

Tidak Semua Gim

Sayang, harga yang lebih murah berarti ada yang harus dikorbankan. Medcom.id, Jumat (12/7), menyebut, sejumlah gim Nintendo Switch yang hanya bisa dimainkan dalam mode TV atau table top nggak bisa dimainkan di Switch Lite. Gim berjudul Nintendo Labo juga dipastikan nggak bisa dimainkan di konsol terbaru ini.

Terus, alat pembuat pengendali DIY Nintendo yang sebelumnya memungkinkan gamer untuk membuat robot, setir, hingga piano sendiri juga nggak bisa dimainkan di Switch Lite. Ini berarti kita nggak bisa memainkan gim Super Mario Party di konsol ini.

Millens tertarik untuk membeli Switch Lite atau memilih untuk setia dengan konsul gim Switch yang lama saja, nih? (IB09/E03)