Dua Lempeng Tektonik Terus Bergerak, Afrika Berpotensi Terbelah

Retakan tanah di Kenya kian membesar. Ini diakibatkan dua lempeng tektonik yang terus bergerak. Akankah retakan itu bakal membuat Benua Afrika terbelah dua?

Dua Lempeng Tektonik Terus Bergerak, Afrika Berpotensi Terbelah
Retakan yang muncul di Kenya(Reuters/Thomas Mukoya)

Inibaru.id - Retakan besar kembali terjadi di daratan Kenya, Afrika Timur. Kali ini retakan besar terlihat di Kota Mai Mahiu-Narok di barat Nairobi, Kenya. Retakan iu tampak setelah hujan lebat mengguyur daerah tersebut. Lebar retakan itu mencapai 20 meter dengan kedalaman sebesar 15 meter.

Akibat retakan besar yang terjadi, negara di timur Afrika itu diprediksi bakal membentuk benua baru bersama Somalia, Tanzania, dan separuh dari Ethiopia. Menurut pakar geologi David Adede, retakan yang muncul pada Maret ini merupakan bagian dari celah Afrika Timur yang memanjang sekitar 6.000 kilometer dari Teluk Aden di utara ke Mozambik di selatan.

Adede menduga, retakan itu sudah ada sejak lama tapi tertutup abu vulkanik dari Gunung Longonot. Hujan lebat yang mengguyur daerah itulah yang menyingkirkan abu dan seolah-olah retakan itu muncul secara tiba-tiba seperti ditulis Kompas.com, Selasa (3/4/2018).

Retakan itu merupakan pergerakan dari Lempeng Somalia dan Lempeng Nubia yang membentuk Benua Afrika. Bila terus berlanjut, Lempeng Somalia dan Lempeng Nubia bakal terpisah 50 juta tahun mendatang. Lima puluh juta tahun memang terdengar lama tapi dampak retakan itu bakal sangat dirasakan penduduk di sekitar daerah retakan.

Retakan di Kenya. (Viva.co.id)

Saat ini retakan itu telah membelah jalan di Kenya sehingga menghambat transportasi di sana. Mengatasi hal tersebut, pemerintah Kenya menambal retakan dengan campuran beton dan batu agar lalu lintas kembali lancar.

Sebelum ini, retakan besar juga terjadi di kawasan Suswa, Kenya. Retakan itu terlihat pada 21 Maret 2018.

Duh, ngeri juga ya, Millens. Semoga pemerintah Kenya segera menemukan cara yang tepat untuk mengatasi retakan itu dalam jangka panjang. (TS/IF)