Respons Era Industri 4.0, Chief IT Officer Media Group News Ajukan Ide Paperless System

Respons Era Industri 4.0, Chief IT Officer Media Group News Ajukan Ide <em>Paperless System</em>
Chief IT Officer Media Group News Muhammad Islam menyampaikan makalah tentang paperless document system dalam acara International Scientific, Educational, and Technological Conference 2019, Sabtu (5/10/2019). (Inibaru.id/ Audrian F)

Setiap perusahaan mesti menyiapkan strategi khusus untuk menghadapi tantangan di era industri 4.0 yang saat ini sudah berlangsung. Merespons hal tersebut, Chief IT Officer Media Group News tawarkan ide paperless document system layaknya yang sudah dipakai di perusahaannya.

Inibaru.id - Era industri 4.0 sudah di depan mata. Setiap perusahaan mesti menyiapkan strategi untuk menghadapi era serbadigital ini supaya bisa terus bersaing dengan perusahaan lain. Chief IT Officer Media Group News Muhammad Islam menjawab tantangan ini dengan konsep paperless document system.

Konsep ini sudah diterapkan Islam di dalam perusahaannya. Implementasi konsep paperless document system tersebut berupa penggunaan sejumlah program seperti E-Booking, E-Work Orders, dan E-Memo. Program-program itu diterapkan supaya kerja para karyawan lebih efisien.

Selain itu, konsep ini juga bisa mengurangi penggunaan kertas sehingga menghemat biaya operasional. Program-program itu juga memudahkan para Human Resource Development (HRD) di Media Group News untuk mengetahui performa setiap karyawan.

Kendati konsep ini sudah berjalan dengan baik, ada sejumlah hambatan yang dihadapi Islam.

“Hambatannya adalah tidak semua dokumen dapat terangkum di paperless. Banyak juga dokumen yang masih menggunakan kertas. Di samping itu juga masih butuh sosialisasi lebih,” ujarnya.

Islam menganggap pelaksanaan konsep paperless document system di Media Group News sudah cukup efisien. Namun, pihaknya masih akan terus mengembangkan program-program tersebut agar lebih sesuai dan responsif dengan kebutuhan perusahaan.

Implementasi paperless document system ini dibuat Islam dalam suatu makalah yang disampaikan pada International Scientific, Educational and Technological Conference di Hotel Grasia, Semarang, Sabtu (5/10/2019). Pada acara yang digelar Fakultas Sains dan Teknologi UIN Walisongo itu hadir pula sejumlah akademisi serta pakar bidang sains dan teknologi di dunia.

Konferensi tersebut juga menghadirkan tiga pembicara utama yang konsen di bidang sains dan teknologi. Ketiga pembicara itu adalah Tetsuo Sogo dari Nagoya Institute of Technology, Jepang; Hadi Nur dari Universiti Teknologi Malaysia; dan Muhammad Zaris yang berasal dari Universitas Sumatera Utara.

Wah, konsep ini bisa banget diadopsi di perusahaan atau kantor lain. Penerapan konsep paperless document system juga termasuk kampanye lingkungan karena mengurangi kertas. Kamu tertarik pakai konsep ini, Millens? (Audrian F/E04)