Resmi Dilantik Lagi Jadi Walikota Semarang, Hendi Janji Akan Kerja Habis-Habisan

Resmi Dilantik Lagi Jadi Walikota Semarang, Hendi Janji Akan Kerja Habis-Habisan
Hendi-Ita menerbangkan balon dari simpatisan non-ASN. (Inibaru.id/ Audrian F)

Hari ini, Jumat (26/2/2021) pemimpin daerah di Jawa Tengah resmi dilantik oleh Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo. Salah satunya adalah Walikota Semarang Hendrar Prihadi. Setelah dilantik ini dia berjanji akan lebih habis-habisan dalam bekerja untuk Kota Semarang.

Inibaru.id - Beberapa saat setelah dilantik sebagai Walikota Semarang, Hendrar Prihadi dalam sambutannya mengibaratkan kalau Kota Semarang ini seperti sebuah tim sepak bola yang sebelumnya melakukan serangan dan mendominasi pertandingan namun berbalik. Bukan cuma berbalik tapi juga diserang terus-terusan oleh lawan.

Maksud Hendi, Semarang yang sebelumnya terus melakukan pembangunan pesat tiba-tiba harus mengubah segalanya karena ada pandemi Covid-19. Perubahan yang cepat itu sontak mengharuskan pemerintahannya untuk serba mengatur ulang berbagai anggaran.

“Dan transisi ini tidak pernah mudah bagi kami. Namun menjadi tantangan yang luar biasa bagi kami,” ujarnya pada Jumat (26/2/2021) dalam rapat bersama DRPD Kota Semarang.

Hendi memberi sambutan saat rapat bersama DPRD Kota Semarang. (Inibaru.id/ Audrian F)
Hendi memberi sambutan saat rapat bersama DPRD Kota Semarang. (Inibaru.id/ Audrian F)

Sebagaimana sebuah pertandingan sepak bola tadi, Hendi mencoba bertahan. Menurutnya, bertahan juga salah satu cara untuk melakukan serangan balik dan menorehkan kemenangan.

“Maka dari itulah dengan berlanjutnya masa jabatan kami, akan jadi waktu yang berharga untuk membalikkan keadaan untuk Semarang yang lebih baik,” kata Hendi.

Pekerjaan rumah Hendi yang terpampang nyata saat ini adalah banjir. Mengawali masa jabatan barunya ini, Hendi berjanji akan segera menangani permasalahan tersebut.

Langkah-langkah yang akan diambil adalah mengevaluasi apa-apa saja yang menjadi biang permasalahan banjir, baik drainase, alat, maupun pola hidup manusianya. Hendi juga paham, masyarakat sudah jengah dengan kondisinya banjir saat ini.

“Beri kami kesempatan untuk bekerja,” ucapnya.

Hendi-Ita saat tiba di Balaikota. (Inibaru.id/ Audrian F)
Hendi-Ita saat tiba di Balaikota. (Inibaru.id/ Audrian F)

Selain itu, mengawali jabatan baru ini Hendi juga sudah ancang-ancang untuk meneruskan berbagai program sosial kepada masyarakat. Program tersebut di antaranya Universal Health Coverage (UHC), beasiswa, dan pendidikan gratis.

Dia menjamin untuk program tersebut anggarannya akan dipertahankan. Bahkan kalau bisa akan ditambah lagi. Intinya dia memastikan berbagai fasilitas sosial masyarakat dari lahir sampai meninggal anggarannya akan ditambah lagi.

“Untuk banjir dan jalan rusak tentu akan terus kami perbaiki. Lalu buat minimnya rumah sehat yang masih banyak terjadi di Kota Semarang, anggarannya juga akan kami tambah,” tuturnya.

Hendi-Ita melambaikan tangan setelah mengakhiri rapat dengan DPRD Kota Semarang. (Inibaru.id/ Audrian F)
Hendi-Ita melambaikan tangan setelah mengakhiri rapat dengan DPRD Kota Semarang. (Inibaru.id/ Audrian F)

Akan Habis-habisan

Terpilihnya kembali Hendrar Prihadi menjadi Walikota ini akan jadi periode terakhir. Untuk itu, dia bertekad penuh akan habis-habisan di periode ini.

“Saya akan buktikan, akan habis-habisan. Sebagai orang Semarang yang lahir di sini dan sudah diberi amanah lagi, saya harus mampu melakukan yang terbaik buat kota ini,” jelasnya.

Selain itu, menurut Hendi atas komentar banyak orang kalau periode 2 itu seorang pemimpin Pemerintahan pasti akan mengendorkan kinerjanya. Namun Hendi memastikan, kalau hal itu nggak akan terjadi kepada dirinya.

“Saya dan Mbak Ita nggak akan santai-santai,”  pungkasnya.

Sementara dari Wakil Walikota yakni Hevearita Gunaryanti, akan lebih fokus pada berbagai program yang melibatkan perempuan. Sebab perempuan jadi pihak yang perlu diperhatikan khusus, terutama tentang masalah kesehatan.

“Ya misalnya saja masalah stunting, peran perempuan, dan ibu hamil, akan lebih saya fokuskan,” pesannya.

Selamat bekerja kembali, Hendi-Ita! (Audrian F/E05)