Resmi Dilantik, Ganjar dan Taj Yasin Ungkap Fokus Program Kerja

Resmi Dilantik, Ganjar dan Taj Yasin Ungkap Fokus Program Kerja
Ganjar Pranowo dan Taj Yasin usai pelantikan di Istana Merdeka, Jakarta pada Rabu (5/9/2018). (InewsTV/Taufik Budi)

Ganjar Pranowo dan Taj Yasin resmi menjabat sebagai Gubernur dan Wakil Gubernur Jawa Tengah. Mereka menyampaikan fokus program kerja Jawa Tengah selama lima tahun ke depan.

Inibaru.id – Presiden Joko Widodo resmi melantik Ganjar Pranowo dan Taj Yasin Maimoen sebagai Gubernur dan Wakil Gubernur Jawa Tengah di Istana Merdeka, Jakarta, pada Rabu (5/8/2018). Usai dilantik, Ganjar dan Yasin membeberkan fokus kerja mereka selama lima tahun ke depan.

Ganjar mengatakan Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) menjadi prioritas pertama yang akan dibahas.

“Iya, ada APBD Perubahan pada 2019. Jadi, akan ada percepatan untuk membahas APBD ini,” tutur Gubernur Jawa Tengah yang menjabat dua periode ini.

Selain itu, Ganjar mengungkapkan dirinya juga dititipi pesan khusus dari Presiden Joko Widodo.  Jokowi meminta keduanya untuk fokus pada pembangunan infrastruktur dan pembangunan Sumber Daya Manusia (SDM). Politikus Partai PDI Perjuangan itu mengaku telah menyiapkan bantuan untuk lembaga-lembaga pendidikan.

“Kami juga akan menyiapkan bantuan untuk mereka yang berada di pondok pesantren. Saya harap dengan ini (pembangunan dalam bidang pendidikan), masyarakat Jawa Tengah tidak gampang emosian. Pintar tidak hanya dari segi emosional, tapi juga moral. Ini yang kami dorong pada 2019 mendatang,” tambahnya.

Dilansir dari Tribunnews.com, Rabu, (5/9), bidang lain yang juga menjadi fokus Ganjar dan Yasin adalah sosial dan kesehatan. Kendati sempat berada di posisi teratas dalam hal penurunan kemiskinan se-Indonesia pada Juli lalu, Ganjar merasa masih banyak yang harus dibenahi Jawa Tengah. Untuk mengulang prestasi ini, pihaknya akan memprioritaskan investasi dalam dua bidang tersebut.

Selain Gubernur dan Wakil Gubernur Jateng, Jokowi juga melantik 8 pasangan kepala daerah lain pada kesempatan yang sama. Kedelapan pasangan itu yakni Sutarmidji–Ria Norsan (Kalimantan Barat), Ali Mazi–Lukman Abunawas (Sulawesi Tenggara), Nurdin Abdullah–Sudirman Sulaiman (Sulawesi Selatan), Lukas Enembe–Klemen Tinal (Papua), Ridwan Kamil–Uu Ruzhanul Ulum (Jawa Barat), Edi Rahmayadi–Musa Rajekshah (Sumatera Utara), Viktor Bungtilu Laiskodat–Josef Nae Soi (Nusa Tenggara Barat), dan I Wayan Koster–Tjokorda Oka Artha Ardhana Sukawati (Bali).

Selamat atas pelantikan Gubernur dan Wakil Gubernur Jawa Tengah. Semoga Ganjar-Yasin bisa membawa kemajuan di Jawa Tengah ya, Millens. (IB15/E04)