Resmi Dilantik, Heru Winarko Jadi Kepala BNN

Memasuki masa pensiun, Komjen Budi Waseso "turun keprabon" dari jabatan Kepala BNN. Posisinya digantikan Irjen Heru Winarko yang dilantik Presiden RI Joko Widodo pada Kamis (1/3/2018). Siapakah dia?

Resmi Dilantik, Heru Winarko Jadi Kepala BNN
Heru Winarko menjadi Kepala BNN. (Tribunnews.com)

Inibaru.id – Irjen Heru Winarko telah resmi dilantik sebagai Kepala Badan Narkotika Nasional (BNN) oleh Presiden RI Joko Widodo pada Kamis (1/3/2018). Pelantikan Heru dilaksanakan di Gedung Istana Negara Jakarta pukul 09.00 WIB dengan dihadiri sejumlah Menteri Kabinet Kerja Jokowi dan pejabat negara.

Turut hadir dalam pelantikan tersebut di antaranya Ketua KPK Agus Rahardjo, Panglima TNI Marsekal Hadi Tjahjanto, Kepala BIN Jenderal (Purn) Budi Gunawan, Ketua DPR Bambang Soesatyo, Wakil Ketua DPR Fadli Zon, Ketua MPR Zulkifli Hasan, Ketua DPD Oesman Sapta Odang, dan mantan Kepala BNN Komjen Budi Waseso. Pimpinan DPR RI, DPD RI dan MPR RI juga tampak hadir dalam acara itu.

Diawali dengan pembacaan surat Keputusan Presiden, Heru ditetapkan sebagai Kepala BNN menggantikan Komjen Budi Waseso (Buwas) yang memasuki masa pensiun bulan ini.

"Keputusan Presiden RI Nomor 14 Tahun 2018 tentang Pemberhentian dan Pengangkatan Kepala BNN, mengangkat Irjen (Pol) Heru Winarko SH sebagai kepala BNN terhitung sejak saat pelantikan dan kepadanya diberikan tunjangan jabatan setara eselon 1A sesuai peraturan perundangan,” ujar Cecep Setiawan, Deputi Bidang Administrasi Aparatur Kementerian Sekretariat Negara, seperti ditulis Kompas.com, Kamis (1/3/2018).

Setelah itu, acara dilanjutkan dengan pengambilan sumpah yang dibimbing langsung Presiden Jokowi.

"Demi Allah saya bersumpah akan setia dan taat kepada UUD RI 1945 serta akan menjalankan peraturan perundang-undangan dengan sebaik-baiknya serta akan menjalani peraturan perundang-undangan dengan selurus-lurusnya demi darma bakti saya kepada bangsa dan negara," sumpah Heru.

Acara diakhiri dengan penandatanganan berita acara upacara pelantikan dan ucapan selamat oleh Presiden Jokowi beserta tamu undangan kepada Heru.

Dari Polri hingga KPK

Sebelum menjabat kepala BNN, Heru Winarko lebih dulu dikenal sebagai bagian dari Polri dan KPK dalam pelbagai posisi. Heru adalah lulusan Akademik Kepolisian pada 1985 dengan jejak karier yang cukup cemerlang, mulai dari menjabat Kapolres Metro Jakarta Pusat hingga ditunjuk sebagai Staf Khusus Menko Polhukam Luhut Binsar Panjaitan.

Pada 2015, Heru dilantik sebagai Deputi Penindak KPK, hingga akhirnya ditunjuk Presiden Jokowi sebagai Kepala BNN saat ini.

Selamat bertugas ya, Pak Heru. Semoga pemberantasan narkoba lebih mangkus dan sangkil di tanganmu. Didukung ya, Millens! (ANG/GIL)