Resmi Dibuka, Jalan Tol Seksi V Pakis-Malang Beroperasi Tanpa Tarif

Resmi Dibuka, Jalan Tol Seksi V Pakis-Malang Beroperasi Tanpa Tarif
Jalan Tol Pakis-Malang terapkan tarif nol rupiah (Humas Jasa Marga)

Kabar gembira, bagi kamu para pengguna Jalan Tol Pandaan-Malang Seksi V Pakis-Malang, tarif nol rupiah akan diberlakukan selama uji coba. Hal ini dilakukan sebagai bentuk sosialisasi bagi masyarakat di sekitar Malang dan Surabaya.

Inibaru.id – Jasamarga Transjawa Tollroad menyampaikan permohonan maaf terkait perubahan jadwal pengoperasian Jalan Tol Pandaan-Malang Seksi 5 (Pakis-Malang). Jadwal pengoperasian yang semula direncanakan pada Selasa, 7 April 2020 pukul 06.00 WIB mundur beberapa jam jadi pukul 21.00 WIB.

Keputusan pemunduran jadwal tersebut didasari oleh Keputusan Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat No. 314/KPTS/M/2020. Pemerintah juga menerapkan kebijakan bebas tarif sebagai sosialisasi mulainya pengoperasian ruas Tol Pandaan-Malang Seksi V Pakis-Malang. Pengoperasian tanpa tarif ini ditujukan sebagai bentuk sosialisasi, khususnya masyarakat di sekitar Surabaya dan Malang.

Meski begitu, selama uji coba, tarif masih tetap diberlakukan bagi para pengguna jalan tol yang masuk dari Gerbang Tol (GT) Pandaan, Purwodadi, Lawang, atau Singosari menuju Malang. Di gerbang tol keluar sampai dengan GT Pakis, tarif ditentukan sesuai golongan kendaraan dan asal gerbang.

Tetap patuhi rambu lalu lintas selama di jalan tol. (Humas Jasa Marga)<br>
Tetap patuhi rambu lalu lintas selama di jalan tol. (Humas Jasa Marga)

Tarif berlaku pula bagi kendaraan dari GT Malang ke Singosari, Lawang, Purwodadi atau Pandaan lewat jalan tol. Tarif akan dikenakan di gerbang tol keluar yang dihitung dari GT Pakis berdasarkan golongan kendaraan. Tarif nol Rupiah hanya berlaku untuk perjalanan Pakis-Malang dan sebaliknya.

FYI, ruas tol Pakis-Malang memiliki lima seksi sepanjang 38,48 km. Rinciannya, Seksi I Pandaan-Purwodadi panjangnya 15,47 km, Seksi II Purwodadi-Lawang panjangnya 8,05 km, Seksi III Lawang-Singosari panjangnya 7,10 km, Seksi IV Singosari-Pakis panjangnya 4,75 km, dan Seksi V Pakis-Malang panjangnya 3,11 km.  

Direktur Utama PT Jasamarga Pandaan Malang (JPM) selaku pengelola jalan tol tersebut, Agus Purnomo memastikan bahwa Seksi 1 hingga Seksi 5 Jalan Tol Pandaan-Malang telah beroperasi penuh.

“Sebelumnya, pada 13 Mei 2019 telah dioperasikan Seksi I sampai III dan dilanjutkan pengoperasian Seksi IV pada tanggal 1 November 2019. Dengan dioperasikannya kelima seksi hari ini, maka Jalan Tol Pandaan-Malang telah beroperasi penuh,” katanya.

Tarif gratis hanya berlaku di Seksi V, Pakis-Malang. <br>
Tarif gratis hanya berlaku di Seksi V, Pakis-Malang.

Beroperasinya Seksi V Pakis-Malang membuat waktu tempuh menuju ke Kota Malang lewat jalan tol Pandaan-Malang dari GT Pakis juga lebih singkat. Jika sebelumnya dari GT Pakis kemudian keluar melalui jalan arteri Ki Ageng Gribig memakan waktu 30 menit, dengan adanya jalan tol Pandaan-Malang dari GT Pakis keluar GT Malang kini hanya butuh waktu 10 menit.

Pihak JPM mengimbau para pengguna jalan tol agar tetap berhati-hati, menaati rambu lalu lintas yang diterapkan, dan memantau kondisi perjalanan. Jika memiliki pertanyaan terkait dengan jalan tol, kamu bisa menghubungi Call Center di nomor 14080 yang aktif 24 jam atau mengirim surel ke jtt@jasamarga.go.id atau IG @official.jasamargatransjawatol.

Bagi kamu yang hendak memakai jasa jalan tol ini, tetap jaga kesehatan dan semoga perjalananmu selamat sampai tujuan ya, Millens! (MG26/E07)