Resep Wedang Supermudah yang Cocok Dinikmati Saat Hujan

Resep Wedang Supermudah yang Cocok Dinikmati Saat Hujan
Aneka wedang yang bisa dibuat dengan mudah. (Kuzelv)

Wedang memang cocok dinikmati ketika cuaca dingin pada musim hujan. Masyarakat Indonesia biasa menikmati hangatnya segelas teh atau kopi. Selain itu, ada aneka resep wedangan lain yang bisa kamu coba lo.

Inibaru.id – Musim hujan telah datang , udara yang lebih dingin disertai tanah yang lembap mungkin membuatmu mager pergi kemana-mana. Pada momen seperti ini, minuman hangat atau wedang jadi hidangan yang asyik untuk dinikmati.

Selain olahan minuman teh atau kopi, sebenarnya kamu bisa menikmati jenis wedangan lain lo. Bahan-bahannya pun mudah untuk ditemukan. Berikut beberapa resep wedangan yang bisa kamu coba.

Wedang Jahe

Wedang jahe yang bisa diandalkan ketika musim hujan. (Ptspt)
Wedang jahe yang bisa diandalkan ketika musim hujan. (Ptspt)

Jahe memang sangat lekat dengan wedangan khas Indonesia. Terlebih jahe merah yang bisa membuat badan kamu hangat dan lebih bugar. Untuk membuatnya, siapkan 10 cm jahe merah segar, 500 ml air, 150 gram gula merah, 2 sdm gula pasir, 10 butir merica hitam, 2 butir kapulaga, 4 butir cengkih, 1 batang serai yang sudah dimemarkan, 1 lembar daun pandan.

Panggang jahe terlebih dahulu lalu memarkan, kemudian rebus jahe dengan air menggunakan api kecil bersama bahan-bahan lain. Masak hingga air tinggal seperempat bagian. Saring dan sajikan dalam hangat-hangat.

Wedang Cokelat

Nikmati hangatnya wedang coklat. (Tastemade)<br>
Nikmati hangatnya wedang coklat. (Tastemade)

Bagi kamu pecinta cokelat, resep satu ini patut dicoba di rumah. Cara membuatnya pun tergolong mudah. Siapkanlah bahan-bahan berupa 500 ml susu segar, 2 sdm cokelat bubuk, 1 sdm almond iris, 500 ml air, 4 cm jahe bakar memarkan, 3 cm kayu manis, 1 lembar daun pandan yang dipotong-potong, 1 batang serai yang dimemarkan, dan 10 butir merica hitam.

Rebus bahan-bahan seperti kayu manis, jahe, daun pandan, serai, dan merica hitam sampai mendidih dan air surut. Kemudian tuangkan cokelat dan susu segar. Setelah mendidih angkat, saring, dan tuang ke gelas saji. Terakhir, taburkan almond iris.

Wedang Tape

Tape bisa kamu buat jadi wedang. (Semuaresepibu)
Tape bisa kamu buat jadi wedang. (Semuaresepibu)

Selain dimakan langsung, makanan yang terbuat dari singkong berfermentasi ini bisa kamu gunakan pula untuk membuat wedangan yang menghangatkan tubuh. Untuk membuatnya, siapkan 150 gram tape singkong yang masak, 150 gram gula merah, 10 cm jahe, 300 ml air, 2 sdm gula pasir, 1 batang serai memarkan, 1 lembar daun pandan yang telah dipotong, 200 ml susu segar, 1 sdm kacang tanah sangrai.

Panggang jahe hingga cokelat dan memarkan, kemudian direbus bersama serai, pandan, dan gula pada api kecil. Masak sampai air susut, tambahkan susu dan masak hingga mendidih. Usai matang, angkat dan saring. Masukkan potongan tape dalam mug, tuang kuah jahe panas. Lalu, taburi dengan kacang tanah.

Lemon Madu

Wedang lemon madu sangat simpel dibuat. (Hellosehat)<br>
Wedang lemon madu sangat simpel dibuat. (Hellosehat)

Perpaduan antara lemon dan madu memang sangat cocok untuk dijadikan resep minuman hangat nan segar. Campuran dua bahan ini juga baik bagi kesehatan tubuh, sekaligus mampu membuat mood lebih baik. Cukup siapkan½ buah lemon, 1 sdm madu, 1 gelar air hangat.

Untuk membuatnya, siapkan air hangat dalam gelas. Berikan madu dalam gelas tersebut kemudian kucurkan perasan lemon. Aduk hingga merata. Nikmati selagi masih hangat.

Selain bahannya gampang, cara membuatnya pun dijamin nggak ribet. jadi kamu mau bikin wedang yang mana dulu nih, Millens? (MG26/E06)