Renggut Nyawa Ameer Azzikra, Apa Saja Penyebab Infeksi Liver?

Renggut Nyawa Ameer Azzikra, Apa Saja Penyebab Infeksi Liver?
Ameer Azzikra meninggal dunia karena infeksi liver. (Instagram/@ameer_azzikra)

Kabar duka datang dari keluarga mendiang Ustadz Arifin Ilham. Putra keduanya, Ameer Azzikra meninggal dunia karena infeksi liver. Ameer sempat beberapa hari dirawat di ICU sebelum dinyatakan meninggal.

Inibaru.id – Putra kedua dari Ustadz Arifin Ilham Ameer Azzikra meninggal dunia. Kabar duka ini diungkap oleh kakak dari Ameer, Alvin Faiz melalui media sosial Instagram, hari ini, Senin (29/11/2021).

Istri Ameer, Nadzira Shafira menyebut suaminya sempat beberapa hari dirawat di rumah sakit. Melalui media sosialnya, Nadzira bahkan sempat mengunggah video yang menunjukkan Ameer sempat membaik dan bahkan bercanda. Sayangnya, pada Minggu (28/11), Ameer justru dilarikan ke ICU.

Bahkan, ibu sambung Ameer, Rania Bawazieer juga menyebut Ameer sempat berada dalam kondisi koma. Dia meminta siapa saja untuk mendoakan kesembuhan Ameer.

Malang nggak bisa ditolak, nyawa Ameer nggak tertolong. Kabarnya, Ameer bakal dimakamkan di kawasan Pondok Pesantren Az-Zikra yang ada di Gunung Sindur. Sebelumnya, jenazah Ameer bakal disalatkan di Masjid Az-Zikra Sentul, Bogor, Jawa Barat.

Menurut salah seorang keluarga, Ameer meninggal karena infeksi liver. Hal ini berarti, organ tubuh yang juga disebut dengan hati milik Ameer bermasalah. Memang, organ ini memang sangat penting bagi tubuh kita dalam proses pencernaan sekaligus penyaringan racun.

Ameer Azzikra meninggal usai dirawat di rumah sakit dan dilarikan ke ICU. (Instagram/@enazirashf)
Ameer Azzikra meninggal usai dirawat di rumah sakit dan dilarikan ke ICU. (Instagram/@enazirashf)

Lantas, kira-kira apa penyebab dari infeksi liver, ya?

Pakar kesehatan menyebut infeksi liver seringkali disebabkan oleh parasit atau virus yang menyerang liver. Nah, virus atau parasit bisa saja masuk melalui darah, makanan atau minuman yang sudah terkontaminasi, air mani, serta jika melakukan kontak dengan penderita yang sudah terinfeksi sebelumnya.

Nah, jenis dari infeksi liver yang dikenal dalam dunia medis adalah hepatitis A, hepatitis B, serta hepatitis C. Penyakit ini memang harus ditangani dengan baik karena berpotensi mematikan.

Omong-omong, penyakit liver memang ada banyak jenis dan penyebabnya. Sebagai contoh, jika terjadi kelainan pada sistem daya tahan tubuh karena penyakit autoimun, hal ini juga bisa menjadi pemicunya. Dalam dunia medis, kondisi ini dikenal sebagai hepatitis autoimun, kolangitis sclerosis primer, atau kolangitis billier primer.

Faktor lain yang bisa menyebabkan penyakit hati adalah faktor keturunan. Mereka yang terlahir dengan orang tua dengan penyakit hati bisa membawa gen yang nggak normal. Jika mereka juga nggak menerapkan gaya hidup sehat, besar kemungkinan liver pun bisa mengalami masalah atau kerusakan.

Turut berduka atas meninggalnya Ameer Azzikra, ya Millens. Semoga arwahnya diterima di sisi Yang Maha Kuasa. (Det/IB09/E05)