Rekomendasi Barang yang Lebih Baik Dibeli Menggunakan Kredit Online

Rekomendasi Barang yang Lebih Baik Dibeli Menggunakan Kredit Online
Paylater menjadi metode pembayaran baru untuk mempermudah konsumen untuk berbelanja online. (Money/José Vélez)

Layanan belanja online membuat kegiatan berbelanja lebih mudah, menguntungkan, harganya lebih terjangkau, dan bisa memanfaatkan kredit online. Namun, nggak semua barang sebaiknya dibeli menggunakan layanan ini. Barang apa saja yang sebaiknya dibeli dengan layanan yang dikenal sebagai paylater ini?

Inibaru.id - Kelebihan sistem belanja online nggak berhenti sampai kemudahan, diskon yang banyak, dan harga yang kadang jauh lebih murah. Baru-baru ini, mulai gencar diberlakukan metode pembayaran baru agar mempermudah konsumen yang ingin berbelanja online.

Metode pembayaran tersebut adalah paylater atau cicilan tanpa kartu kredit. Secara singkat, sistem pembayaran paylater atau cicilan tanpa kartu kredit bertujuan meningkatkan transaksi konsumen. Pembayarannya bisa dilakukan pada lain waktu dengan cara dicicil.

Namun, karena masih tergolong sebagai utang seperti layaknya aplikasi pinjaman online, kamu sebaiknya tetap bijak dalam memanfaatkannya. Jangan sampai melakukan pembelanjaan belebihan yang berakibat pengeluaran menjadi nggak terkontrol.

Eits, tapi bukan berarti paylater nggak diperlukan, lo! Ada beberapa jenis barang yang ternyata lebih menguntungkan jika dibeli dengan menggunakan layanan tersebut.

Barang yang Perlu Dibeli Pakai Paylater

Berikut ini adalah rekomendasi barang yang lebih baik dibeli dengan metode pembayaran cicilan tanpa menggunakan kartu kredit.

1. Produk Elektronik

Barang elektronik menjadi jenis produk pertama yang direkomendasikan untuk dibeli dengan memanfaatkan layanan paylater. Jenis produk ini juga kerap ditawarkan dengan metode pembayaran kredit pada berbagai toko, baik daring maupun luring.

Alasannya, karena harga dari kebanyakan barang elektronik tergolong mahal bagi sebagian besar masyarakat Indonesia. Sebagai contoh, harga TV, laptop, smartphone, dan alat elektronik lainnya bisa dibanderol jutaan rupiah.

Kamu sebagai pembeli juga disarankan untuk berbelanja produk elektronik yang mendesak dengan cara mencicil agar kondisi keuangan tetap kondusif. Kenapa? Jika isi tabungan langsung diambil dalam jumlah besar, kamu tentu perlu waktu yang cukup lama agar bisa menutupi pengeluaran tersebut.

Nah, dengan membeli barang elektronik untuk tujuan produktif dengan cara mencicil, kamu bisa membagi pengeluaran secara merata dalam beberapa waktu ke depan.

2. Barang Kebutuhan Rumah Tangga

Selaras dengan jenis barang sebelumnya, produk kebutuhan rumah tangga juga bisa dibilang memiliki harga yang sedikit mahal untuk dibeli, tapi cukup mendesak untuk segera dimiliki. Jadi, ketimbang menguras keuangan sekaligus dalam satu waktu, pakailah paylater.

Namun, perlu diingat, nggak semua toko online menawarkan metode pembayaran tersebut kepada pelanggannya. Karenanya, cobalah berbelanja produk kebutuhan rumah tangga di tempat yang menawarkan sistem pembayaran paylater atau cicilan tanpa kartu kredit agar lebih menguntungkan.

3. Produk Fashion Bermerek

Rekomendasi produk terakhir yang lebih baik dibeli dengan cara kredit online adalah produk fashion bermerek. Nggak dimungkiri, memiliki produk dari jenama terkenal dapat meningkatkan rasa percaya diri seseorang. Khusus untuk barang yang bakal dipakai sehari-hari, belilah dengan layanan paylater.

Sesekali membeli produk fashion bermerek juga diperlukan, kok. Biasanya, harga bakal sejalan dengan kualitas. Nah, harga yang terlampu mahal dikantong bisa ditutupi dengan mencicilnya sehingga nggak membebani pengeluaran bulananmu.

Kredit Nggak Selamanya Buruk

Anggapan membeli barang apa pun dengan cara mencicil atau kredit sering dianggap buruk di mata masyarakat. Ini benar, karena harganya menjadi jauh lebih mahal. Namun, terkadang pembelian dengan cara ini lebih menguntungkan dan berdampak positif bagi kondisi finansial kita.

Agar tetap menguntungkan dan nggak merusak keuangan, sebaiknya beban cicilanmu nggak lebih dari 30 persen dari jumlah penghasilan. Maka, kamu nggak perlu antipati pada sistem pembayaran ini. Asalkan sesuai bujet, membeli produk apa pun dengan cara mencicil nggak masalah.

Selain dapat menjaga kondisi keuangan menjadi lebih terkontrol, nggak jarang penyedia layanan ini juga memberikan berbagai promo menarik yang jatuhnya lebih menguntungkan.

So, hilangkan anggapan bahwa bertransaksi dengan cara mencicil lebih merugikan bagi pihak konsumen, khususnya dengan adanya kemudahan dari metode pembayaran cicilan tanpa kartu kredit ini. (Ads/E03)