Rekam Jejak Rudiantara, Mantan Menkominfo yang Diprediksi Jadi Dirut PLN

Rekam Jejak Rudiantara, Mantan Menkominfo yang Diprediksi Jadi Dirut PLN
Rudiantara. (Id.techinasia)

Setelah tak lagi menjabat sebagai Menkominfo, benarkah jika Rudiantara kemudian diangkat menjadi Direktur Utama PLN yang baru?

Inibaru.id – Nama Rudiantara memang sempat menghilang setelah lengser dari jabatan Menkominfo periode 2014-2019. Namun belakangan ini, dia digadang-gadang akan menjadi Direktur Utama PLN. Sebenarnya, seperti apa sih rekam jejaknya?

IDNTimes, Selasa (26/11) menulis, Staf Khusus Kementerian BUMN, Arya Sinulingga menyebut Rudiantara sebagai salah satu dari tiga calon yang diusulkan menjadi Dirut PLN. Dia dianggap memiliki kriteria untuk menduduki jabatan di salah satu BUMN paling penting bagi masyarakat Indonesia ini.

Sebelum dikenal sebagai Menkominfo, Rudiantara ternyata memiliki segudang pengalaman  dalam mengisi jabatan strategis di berbagai macam BUMN dan perusahaan swasta.

Pria asli Bogor kelahiran 3 Mei 1959 ini pernah menjabat sebagai Wakil Direktur Utama PLN pada 2006 lalu. Dia juga pernah menjadi CEO Bukitasam Transpacific Railways dan Transpacific Railways Insfrastructure (TRI).

Kariernya di bidang telekomunikasi lelaki lulusan Universitas Padjajaran ini dimulai pada tahun 1986 ketika menjabat sebagai General Manager Marketing Indosat. Pada 1996, dia kemudian menduduki jabatan sebagai Chief Operating Officer (COO) di PT Telekomindo Primabhakti

Pada 2005 Rudiantara pernah menjabat sebagai salah satu direktur di PT XL Axiata Tbk dan menjadi komisaris independen  sejak tahun 2011 hingga 2012. Rudiantara juga pernah menduduki posisi Sekretaris Jenderal Asosiasi Telepon Indonesia.

Jumat (15/11), Sekretaris Kabinet Pramono Anung mengaku sudah melakukan penandatanganan surat penunjukan Dirut PT PLN yang baru, menggantikan Plt Sripeni Inten Cahyani. Hanya saja, Dia nggak mau mengakui jika Rudiantara adalah sosok yang akan menjabat di posisi tersebut.

“Mudah-mudahan segera dilantik,” ucap Pramono.

Kalau menurut Millens, apakah cocok jika Rudiantara ditugaskan menjadi Dirut PLN? (IB09/E06)