Rekam Jejak Karier Henky Solaiman Sebagai Aktor Legendaris Tanah Air

Rekam Jejak Karier Henky Solaiman Sebagai Aktor Legendaris Tanah Air
Henky Solaiman wafat di usia 78 tahun. (Instagram/@opahenky)

Aktor kawakan Henky Solaiman wafat pada Jumat (15/5/2020) kemarin. Dia meninggalkan rekam jejak yang berharga bagi dunia hiburan Tanah Air. Seperti apa ya perjalanan kariernya?

Inibaru.id –  Dunia hiburan Tanah Air tengah berduka. Aktor senior Henky Solaiman meninggal pada Jumat (15/5/2020) di usia 78 tahun. Opa Henky, panggilan akrabnya wafat di rumah pukul 16.40 WIB. Penyakit kanker usus menjadi penyebab kematian aktor kelahiran Bandung, 30 Agustus 1941 ini.

Bintang sinetron Dunia Terbalik tersebut merupakan sosok yang nggak asing bagi masyarakat Indonesia, khususnya bagi para penggemar film ataupun sinetron.

Berikut adalah fakta-fakta perjalanan karier Henky Solaiman di dunia seni peran Indonesia.

Mencintai Dunia Seni Peran Sejak Usia Muda

Menekuni akting sejak muda. (Instagram/@opahenky)
Menekuni akting sejak muda. (Instagram/@opahenky)

Laki-laki dengan nama lahir Ong Han Kie ini mencintai dunia seni peran sejak masih menuntut ilmu di Akademi Theater Nasional Indonesia yang ada di Yogyakarta. Di sekolah inilah dia berjumpa dengan rekan-rekan kerja sekaligus aktor legendaris seperti Teguh Karya, Pietradjaja Burnama, dan Wahab Adi. Henky muda aktif di Teater Populer HI. Pengalaman di bidang teater inilah yang membuka jalan baginya menjadi aktor legendaris hingga usia senja.

Dari Aktor Teater Beralih ke Aktor Layar Kaca

Dunia teater menjadi tempat berposes Henky Solaiman. (Instagram/@opahenky)
Dunia teater menjadi tempat berposes Henky Solaiman. (Instagram/@opahenky)

Teater Populer HI menjadi kawah candradimuka awal dalam karier Henky menjadi seorang aktor. Saat teater kampus itu dibentuk, dia aktif di dalamnya. Lalu, Henky beralih dari dunia teater ke dunia layar kaca, mengikuti jejak rekannya Teguh Karya. Film lawas yang mengangkat namanya berjudul Wadjah Seorang Laki-Laki yang tayang pada 1971 silam.

Puluhan Tahun Berkarya Sebagai Aktor

Mendedikasikan diri pada dunia seni peran. (Instagram/@opahenky)
Mendedikasikan diri pada dunia seni peran. (Instagram/@opahenky)

Dedikasi Henky pada dunia seni peran memang nggak main-main. Dia sudah malang melintang menjadi aktor selama hampir 50 tahun. Hingga saat ini , Henky telah bermain dalam 87 film dan 5 sinetron. Sebanyak 14 film tercatat dia sutradarai sendiri. Selain menjadi aktor dan sutradara, Henky ternyata juga pernah berperan sebagai produser.

Menjadi Aktor dan Sutradara Kenamaan

Henky Solaiman saat menghadiri acara penghargaan (Kapanlagi)
Henky Solaiman saat menghadiri acara penghargaan (Kapanlagi)

Puncak popularitas Henky terjadi pada era 70 hingga 80-an. Saat itu dia dijuluki sebagai aktor besar yang nggak mudah puas dengan apa yang telah dicapainya. Hal ini dibuktikan dengan keputusannya untuk menjadi sutradara film seperti Tali Merah Perkawinan (1981), Senjata Rahasia Nona (1983), dan Sorga Dunia di Pintu Neraka (1983).

Memutuskan Pensiun Dari Dunia Hiburan

Sempat pensiun karena sakit. (Kupastuntas)
Sempat pensiun karena sakit. (Kupastuntas)

Setelah divonis mengidap penyakit kanker usus, Henky memutuskan untuk pensiun dari industri hiburan Tanah Air. Saat itu, dia masih optimis mampu memenangi peperangan dengan penyakit yang diidapnya. Dunia Terbalik menjadi sinetron terakhir yang dia bintangi. Dalam sinetron itu, dia memerankan tokoh bernama Wak Sain.

Turut bersedih atas meninggalnya Opa Henky, semoga dedikasinya di dunia seni peran Tanah Air dapat menjadi contoh bagi generasi muda, ya Millens. (Aku/MG26/E07)