Kemenristekdikti Bakal Perbarui Regulasi Homebase Dosen

Kemenristekdikti sedang menggodok regulasi homebase dosen. Rencana ke depan, homebase berdasarkan prodi tidak akan dilihat lagi.

Kemenristekdikti Bakal Perbarui Regulasi Homebase Dosen
Regulasi homebase dosen akan diubah. (Wanitamedan.com)

Inibaru.id – Kementerian Riset, Teknologi, dan Pendidikan Tinggi (Kemenristekdikti) akan segera memperbaiki regulasi terkait homebase dosen. Bila sebelumnya standar homebase dosen dilihat berdasarkan program studi (prodi), nantinya homebase dosen bakal dilihat dari keseluruhan rasio dosen dan mahasiswa.

Baca juga:
Tiga Siswa SMK N 4 Malang Juarai Lomba Animasi Se-ASEAN
Gempa Banjarnegara Akibatkan 316 Rumah Rusak

Okezone.com, Kamis (19/4/2018) menulis, rasio akan dilihat dari waktu yang didedikasikan dosen untuk prodi tersebut. Rasio itu disebut Full Time Equivallence (FTE). Kecukupan dosen bakal diukur dengan melihat rasio jumlah FTE dosen dibanding jumlah FTE mahasiswa pada tingkat universitas, fakultas, dan prodi. Dengan demikian, ukuran jumlah dosen dan mahasiswa akan didasarkan pada ekuivalen penuh waktu, yaitu selama 37,5 jam/minggu atau 16 SKS per semester.

“Misalnya, dalam fakultas atau universitas, jumlah dosen ada 100 orang tapi yang 50 orang bekerja paruh waktu sebanyak 18,75 jam per minggu maka jumlah dosen FTE 75 orang. Jika jumlah mahasiswa FTE 300 orang maka rasionya seperempat. Jadi kita melihat FTE-nnya, tidak harus semua full time,” ujar Sekretaris Jenderal Kemenristekdikti Ainun Na’im.

Baca juga:
Ketok Palu, Libur Lebaran Ditambah Tiga Hari
Resmi Jadi Geopark, Kawasan Rinjani Bakal Diperluas

Sistem Informasi Perencanaan dan Penganggaran (SiRenang) juga segera diluncurkan untuk meningkatkan performa atau pelayanan pada stakeholder. SiRenang merupakan sebuah sistem daring yang terintegrasi untuk perencanaan program dan anggaran di lingkungan Kemenristekdikti.

Wah, siap-siap nih buat kamu yang berprofesi sebagai dosen. (IB08/E04)