BerandaHits
Rabu, 30 Nov 2022 14:04

Redakan Nyeri Punggung saat Hamil dengan Akupuntur

Redakan Nyeri Punggung saat Hamil dengan Akupuntur

Ilustrasi: Sebuah penelitian menunjukkan bahwa akupuntur secara signifikan dapat meredakan nyeri punggung bawah atau panggul yang sering dialami oleh perempuan hamil. (Istockphoto)

Nyeri punggung adalah keluhan umum para ibu hamil. Jika hal itu terjadi, para perempuan hamil ini bisa melakukan pengobatan alternatif akupuntur untuk meredakannya.

Inibaru.id - Biasanya teknik pengobatan akupuntur bertujuan untuk menyembuhkan penyakit dalam, syaraf, dan permasalahan kecantikan. Tapi, sebuah penelitian menunjukkan bahwa akupuntur secara signifikan dapat meredakan nyeri punggung bawah atau panggul yang sering dialami oleh perempuan hamil.

Hal tersebut merupakan hasil dari studi analisis data global terbaru. Menurut temuan yang telah dipublikasikan di jurnal BMJ Open itu, nggak ada efek samping serius pada bayi yang ibunya melakukan prosedur akupunktur.

"Akupunktur muncul sebagai pengobatan potensial untuk berbagai jenis rasa sakit, karena nggak memerlukan obat-obatan dan dianggap aman," kata para peneliti, seperti dilansir The Guardian, Senin (21/11).

Sebagai informasi, akupunktur adalah pengobatan yang berasal dari Tiongkok kuno. Jarum halus dimasukkan di tempat tertentu di tubuh untuk tujuan terapeutik.

Bagaimana persisnya jarum itu bisa meredakan rasa sakit, belum jelas. Tetapi diperkirakan melibatkan pelepasan bahan kimia "bahagia" bawaan tubuh (endorphin) serta meningkatkan aliran darah ke kulit dan otot lokal. NHS (National Health Service) mengatakan kemungkinan zat yang dilepaskan secara alami itu berfungsi melapangkan aliran darah.

Penelitian dari Seluruh Dunia

Ilustrasi: Nggak ada efek samping serius pada bayi yang  ibunya melakukan prosedur akupunktur. (Getty Images/Istockphoto/Nattakorn Maneerat)
Ilustrasi: Nggak ada efek samping serius pada bayi yang ibunya melakukan prosedur akupunktur. (Getty Images/Istockphoto/Nattakorn Maneerat)

Untuk menambah basis bukti, tim peneliti Tiongkok menjaring database penelitian dari seluruh dunia untuk uji klinis yang relevan. Tujuannya melihat redanya nyeri yang diberikan kepada perempuan hamil yang diberikan akupunktur saja atau dikombinasikan dengan terapi lain. Penelitian itu juga akan melihat potensi dampaknya pada bayi mereka yang baru lahir.

Analisis akhir termasuk 10 uji coba terkontrol secara acak, yang melibatkan lebih dari 1.000 perempuan. Setiap penelitian diterbitkan antara tahun 2000 dan 2020, dan dilakukan di Swedia, Inggris, AS, Spanyol, dan Brasil.

Calon ibu semuanya sehat. Rata-rata usia kandungan 17 hingga 30 minggu dan mengalami nyeri punggung bawah atau panggul atau keduanya. Mereka lalu diakupunktur oleh ahli akupunktur terlatih, fisioterapis, atau bidan. Tujuh percobaan merupakan akupunktur tubuh serta tiga lainnya akupunktur auricular (cuping telinga).

Analisis data yang dikumpulkan dari hasil uji coba itu menunjukkan bahwa akupunktur secara signifikan menghilangkan rasa sakit selama kehamilan. Sebagian penelitian melaporkan potensi akupunktur mengembalikan fungsi fisik dan menunjukkan peningkatan secara signifikan.

Analisis data gabungan beberapa negara menunjukkan bahwa akupunktur aman. Selain itu nggak ada perbedaan yang signifikan dalam skor kesehatan bayi ketika akupunktur dibandingkan dengan pengobatan lain.

Begitu banyak khasiat dari akupuntur ini ya, Millens. Jika mengalami gangguan kesehatan, kamu bisa memilih akupuntur sebagai salah satu pengobatan alternatif mencapai kesembuhan, nih. (Siti Khatijah/E05)

Artikel ini telah terbit di Media Indonesia dengan judul Akupunktur dapat Meredakan Nyeri Punggung dan Panggul Selama Kehamilan.

Tags:

Inibaru Indonesia Logo

Inibaru Media adalah perusahaan digital yang fokus memopulerkan potensi kekayaan lokal dan pop culture di Indonesia, khususnya Jawa Tengah. Menyajikan warna-warni Indonesia baru untuk generasi millenial.

Sosial Media
A Group Member of:
medcom.idmetro tv newsmedia indonesialampost

Copyright © 2023 Inibaru Media - Media Group. All Right Reserved