Redakan Kembung dengan Cara-Cara Ini

Meski tampak sepele, perut yang kembung bisa menghambat berbagai aktivitas. Itu karena rasa nggak nyaman yang diakibatkan perut kembung. Untuk meredakannya, coba cara-cara ini.

Redakan Kembung dengan Cara-Cara Ini
cara meredakan perut kembung. (Freepik)

Inibaru.id – Rasa ketidaknyamanan bisa tercipta dari beragam faktor, salah satunya perut kembung. Kondisi perut yang kembung terjadi karena saluran pencernaan terisi udara atau gas yang berlebihan. Kalau sudah kembung, perut rasanya seperti penuh, nyeri, dan terkadang memicumu untuk muntah.

Pada umumnya perut kembung dapat membaik dengan sendirnyai bila nggak disebabkan hal serius. Namun, bila kamu nggak tahan menunggu perutmu membaik, ada beberapa hal yang bisa kamu lakukan. Berikut beberapa di antaranya.

Mengonsumsi Makanan Berpotasium Tinggi

Pisang dan Mangga. (Shutterstock)

Seperti dilansir laman Idntimes (1/10/2018), makanan yang mengandung potasium akan membantu mengatur keseimbangan cairan dan gas di dalam tubuh sehingga masalah perut kembung dapat teratasi. Makanan yang tinggi potasium di antaranya pisang, mangga, bayam, dan tomat.

Berjalan Kaki Selama 15-20 Menit

Jalan kaki. (PointImage)

Mengatasi kembung berikutnya adalah dengan berjalan kaki selama 15-20 menit. Berjalan kaki bertujuan untuk menjaga makanan agar tetap bergerak melalui saluran pencernaan. Ketika berjalan kaki, tubuh akan menghasilkan keringat yang dapat mengurangi cairan dalam tubuh yang merupakan penyebab lain perut kembung. Nah, yuk biasakan olahraga ini setiap hari.

Minum Teh Peppermint atau Jahe Hangat

Ilustrasi teh jahe. (Shutterstock/matka_Wariatka)

Secangkir teh peppermint atau jahe ampuh meredakan perut kembung dengan cepat. Peppermint berfungsi untuk mengurangi dan mengendurkan otot-otot pencernaan, sementara jahe dapat mengatasi masalah maag yang biasanya menyebabkan perut kembung.

Memijat Area Perut

Ilustrasi memijat perut. (Isuini)

Memijat area perut yang menjadi pusat saluran pencernaan juga bisa meredakan perut kembung. Lakukan pemijatan dengan menekan jari-jari di dekat pinggul kanan, lalu geser ke arah tulang rusuk, melintang, dan menurun di area usus besar. Pijatan bisa kamu lakukan dengan memberikan minyak terapi untuk menghangatkan area perut. Dijamin lega, deh!

Makanan dan Minuman Ini Perlu Dihindari

Jangan minum alkohol dan minuman bersoda. (Shutterstock)

Saat perut kemug, hindari makanan dan minuman yang menghasilkan gas berlebih seperti kubis, kacang-kacangan, alkohol, dan minuman bersoda. Selain itu, jika kamu nggak bisa mencerna laktosa dengan baik, pilihlah produk olahan susu yang nggak mengandung laktosa.

Nah, itulah beberapa tips untuk mengatasi perut kembung. Kalau kembung, segera atasi ya Millens supaya rasa nggak nyaman itu segera lenyap. (IB07/E04)