Realita Anak Kos di Korea Selatan, Penasaran Seperti Apa?

Realita Anak Kos di Korea Selatan, Penasaran Seperti Apa?
Goshiwon, kamar kos Korea yang sangat sempit dan berharga murah. (dailysia.com)

Nggak hanya di Indonesia, di Korea Selatan, anak muda juga banyak yang ngekos untuk kuliah atau kerja di kota besar. Nah, seperti apa ya realita anak kos di Korea? 

Inibaru.id – Jangan salah Millens, fenomena anak kos untuk kuliah atau bekerja di tanah rantau nggak hanya terjadi di Indonesia, lo, Millens. Di Korea Selatan, fenomena ini juga terjadi. Nah, kira-kira, seperti apa ya realita anak kos di Korea Selatan?

Di Korea Selatan, banyak anak muda yang berani merantau jauh dari tempat asalnya untuk kuliah atau mendapatkan pekerjaan di kota-kota besar layaknya Seoul dan sekitarnya atau Busan.

Maklum, di kota-kota besar ini, mereka bisa mendapatkan pekerjaan dan penghasilan yang lebih baik.

Nah, agar bisa tetap hidup di sana, mereka pun harus mencari kos-kosan atau hunian untuk disewa. Biar nggak makin penasaran, yuk simak deh seperti apa sih kehidupan anak kos di Korea Selatan sana?

Jenis Kamar Kos yang Disediakan

Kalau di Indonesia, kebanyakan kos-kosan langsung berupa kamar ya, Millens. Kalau ada kamar mandi dalam sih syukur. Kalau nggak ya harus berbagi kamar mandi dengan penghuni lainnya.

Beda lagi kalau di Korea. Di sana, ada pilihan One Room, 1,5 Room, Two Room, serta Goshiwon. Kalau yang One Room, ini kamar kos dengan kamar mandi dalam. Kalau yang 1,5 room, ada tambahan ruangan yang lebih sedikit untuk menerima tamu, Millens.

Ada juga kamar kos di Korea yang lebih sederhana meski sedikit lebih luas. (livingnomads.com)
Ada juga kamar kos di Korea yang lebih sederhana meski sedikit lebih luas. (livingnomads.com)

Kalau Goshiwon ini, ukurannya hanya 3x4 meter dan dianggap sebagai kamar sewa terkecil di Korea. Dalam banyak kasus, bisa jadi kamarnya bahkan nggak punya jendela, lo. Nah, kalau Two Room, itu semacam ruangan dengan dua kamar.

Menariknya, kamar-kamar sewa ini biasanya sudah menyediakan kasur, kompor, kulkas, hingga meja belajar. Tapi kadang juga ada yang nggak menyediakannya. Yang pasti sih, tempat-tempat ini sudah menyediakan Wi-Fi.

Daftar Harga Kos-Kosan di Korea

-          Kamar kos tipe Goshiwon yang paling sempit harga sewanya 250 ribu sampai 600 ribu Won. Kamu nggak perlu menyediakan punya uang deposit. Hanya, biaya listrik, air, dan perawatan biasanya belum termasuk.

-          Biaya kamar kos One Room, 1,5 Room, serta Two Room, biasanya berkisar antara 400 ribu Won sampai 1,5 juta Won. Tapi, untuk menyewanya kamu harus memiliki deposit 5 juta Won. Kalau kamu nggak meneruskan sewa saat kontraknya habis, uang depositnya bakal dibalikin kok.

Jadi intinya, kalau kamu mau menyewa kamar kos, selain Goshiwon yang super sempit itu, harus memberikan uang deposit dulu ke pemilik kos. Saat itu pula, biasanya bakal tanda tangan kontrak. Kamu juga harus membayar uang sewa untuk bulan pertama dan baru bisa deh menempatinya.

Kebanyakan kamar kos ini ada di tengah kota atau di dekat dengan pusat keramaian. Hm, kalau kamu, kira-kira bakal betah nggak ya tinggal di kamar kos ala Korea ini? (Ruk, Dai/IB09/E05)