Rayakan Hari Bumi, Google Doodle Sajikan Video Flora Fauna Unik

Untuk memperingati Hari Bumi, Google menampilkan video animasi pendek di laman utamanya. Video itu menampilkan sejumlah flora fauna unik di dunia.

Rayakan Hari Bumi, Google Doodle Sajikan Video Flora Fauna Unik
Tampilan utama Google dalam rangka Hari Bumi. (Google)

Inibaru.id – Bertepatan dengan Hari Bumi (Earth Day) pada 22 April 2019, Google ikut memeriahkannya dalam sajian Google Doodle. Pada halaman utama pencarian Google, muncul video animasi pendek berisi ragam flora dan fauna unik di bumi.

Video itu dibuka dengan menampilkan animasi bumi kemudian disusul tampilan Wandering albatross, burung dengan sayap terlebar di dunia. Burung itu bisa terbang sejauh ratusan kilometer tanpa mengepakkan sayapnya. Ada pula Coastal redwood, pohon tertinggi di dunia yang mencapai 377 kaki atau setara 75 manusia.

Video berlanjut dengan tampilan Paedophryne amauensis  atau katak seukuran koin. Katak yang ditemukan di Papua Nugini itu juga menjadi hewan vertebrata terkecil di dunia, lo.

Ilustrasi Coastal redwood, pohon tertinggi di dunia. (Google Doodle)

Selain yang terkecil, ada pula yang terbesar nih. Yap, Amazon water lily atau teratai Amazon. Saking besarnya, seorang manusia bisa duduk di atasnya. Eits, tapi tentu saja hal itu nggak disarankan ya.

Nggak habis sampai disitu, Millens. Masih ada Coelacanth, sejenis ikan purba yang masih ada hingga saat ini. Di Indonesia, hewan itu sering disebut ikan raja laut. Usia ikan ini diperkirakan mencapai 407 juta tahun. Yap, Coelacanth sudah ada sejak zaman dinosaurus. Menarik kan?

Fauna terakhir yang ditampilkan dalam Google Doodle adalah Deep cave springtail. Salah satu spesies serangga itu tinggal di gua terdalam di dunia.

Video Google Doodle lantas ditutup dengan pesan singkat dari Google bagi seluruh manusia untuk menjaga kelestarian bumi.

Pesan singkat dari Google. (Google Doodle)

Flora dan fauna yang ditampilkan dalam Google Doodle itu hanyalah segelintir dari banyaknya ragam flora dan fauna yang ada di muka bumi. Keunikan yang dimiliki masing-masing flora dan fauna menjadi daya tarik tersendiri yang harus diketahui generasi mendatang.

Kamu tentu juga pengin menyaksikan keragaman flora dan fauna unik di bumi itu kan? Yuk, jaga bumi bersama agar seluruh flora dan fauna di bumi tetap lestari. Selamat Hari Bumi! (IB10/E04)