Rawat Sweter Kesayanganmu dengan Cara-Cara Ini

Rawat Sweter Kesayanganmu dengan Cara-Cara Ini
Ilustrasi seseorang memakai sweter. (Getty Images)

Karena dibuat dari benang-benang yang dirajut, sweter membutuhkan perawatan tersendiri. Untuk mencegah sweter kesayangan cepat rusak, kamu bisa melakukan beberapa perawatan sederhana ini.

Inibaru.id – Memasuki puncak musim kemarau, suhu di malam hari cenderung lebih dingin daripada biasanya. Kalau sudah begitu, sweter jadi andalan untuk menghangatkan tubuh. Selain fungsinya sebagai penghangat tubuh, sweter pun lebih modis sehingga sering dipadupadankan dengan kaus meski nggak di musim dingin.

Eits, tapi sweter butuh perawatan khusus, lo. Nah, kalau kamu memiliki koleksi sweter, tips perawatan berikut tentu akan berguna dan bisa kamu terapkan, Millens.

Jangan Terlalu Sering Dicuci

Ilustrasi mencuci sweater. (Leadercashmere)

Terlalu sering mencuci sweter dapat merusak serat kain, lo. Karena itu, lebih baik cuci sweter saat sudah benar-benar kotor. Selain itu, jangan gunakan sweter sebagai pakaian utama. Kenakan kaus atau kemeja sebelum memakai sweter agar keringat tubuh nggak langsung menempel pada sweter.

Jangan Tunggu Sampai Rusak

Segera jahit bagian sweater yang robek. (Pinterest)

Sweter kesayanganmu robek? Jangan tunggu hingga robekan itu semakin membesar. Segera jahit bagian yang robek dengan jarum dan benang yang sesuai ya!

Hilangkan Serat yang Timbul

Ilustrasi menghilang serat yang timbul pada sweater. (Flickr)

Pernah nggak sih kamu menyadari kalau di bagian luar sweter yang kamu pakai terdapat bulu-bulu halus? Yap, bulu-bulu halus itu merupakan serat yang timbul akibat gesekan setelah sweter lama dipakai. Hilangkan serat-serat tersebut dengan menyisirnya perlahan mengenakan sikat pakaian, sisir rambut bergigi rapat, atau alat pencukur.

Simpan dengan Benar

Menggantung sweater dapat merusak serat kain dan membuatnya melar. (Simple Most)

Hindari menyimpan sweter dengan cara menggantungnya memakai hanger. Yap, hal itu akan membuat sweter mudah melar dan merusak serat kainnya. Lebih baik simpan sweter dengan cara dilipat dengan rapi. Kamu juga bisa menaruh kamper pada lemari untuk menghindarkan sweter dari gangguan serangga seperti ngengat.

Jangan sampai salah merawat sweter ya, Millens. (IB10/E04)