Peringati Sumpah Pemuda, Ratusan Anak Muda Semarang Deklarasikan "Sumpah Millenial"

Peringati Sumpah Pemuda, Ratusan Anak Muda Semarang Deklarasikan
Acara Youth and Millenial Festival. (Panitia Youth and Millenial Festival)

Memperingati Sumpah Pemuda yang dideklarasikan 90 tahun lalu, para pemuda ini menggelar "Sumpah Millenial". Pada deklarasi itu, mereka bersumpah akan selalu berkarya dan berkolaborasi dengan sesama.

Inibaru.id – Ratusan pemuda di Semarang mendeklarasikan "Sumpah Millenial" pada Minggu (28/10/2018), atau bertepatan dengan Peringatan Sumpah Pemuda. Bertempat di halaman Kantor DPRD Jawa Tengah, mereka mengucapkan "Sumpah Millenial".

Nggak kurang dari 30 perwakilan komunitas se-Semarang turut hadir dalam acara yang merupakan bagian dari Youth and Millenial Festival tersebut. Nggak jauh berbeda dengan Sumpah Pemuda, Sumpah Millenial juga menggambarkan semangat nasionalisme anak muda kepada bangsanya.

Koordinator acara Youth and Millenial Festival Ira Ananta mengatakan, Sumpah Millenial perlu diadakan mengingat saat ini pemuda bangsa adalah generasi millenial yang penuh potensi.

“Anak-anak millenial itu perlu dirangkul, perlu diakomodasi agar ke depan mereka bisa bekerja sama dengan teman sesama millenial. Kalau sekarang saya itu prihatin karena mereka dengan komunitasnya membuat acara sendiri-sendiri,” kata Ira.

Acara deklarasi Sumpah Millenial dalam Youth and Millenial Festival. (Panitia Youth and Millenial Festival)

Laiknya Sumpah Pemuda, Sumpah Millenial juga terdiri atas tiga pernyataan. Pertama, kaum millenial bersumpah untuk menjunjung tinggi kreasi luhur bangsa Indonesia. Kedua, kaum millenial bersumpah untuk mengembangkan inovasi negeri Indonesia. Terakhir, mereka juga bersumpah untuk membangun kolaborasi Tanah Air Indonesia.

Selain deklarasi Sumpah Millenial, acara yang diinisiasi Kata Hati Institute Jawa Tengah ini juga diisi dengan makan tumpeng bersama serta pelbagai hiburan. Terdapat 15 tumpeng ukuran kecil dan satu tumpeng superbesar yang disantap para pengunjung. Acara ini juga dihadiri para pemain film Dear Nathan (2017) yang sedang roadshow di Semarang.

“Tadi para pemain film juga ikut deklarasi. Kami bangga karena tanggapan mereka tentang Sumpah Millenial itu bagus,” tutur perempuan yang juga menjadi Koordinator Kata Hati Institute Jawa Tengah.

Youth and Millenial Festival digelar dua hari, yakni Sabtu-Minggu (27-28/10). Hari pertama diisi dengan pelbagai perlombaan, di antaranya lomba Peraturan Baris-berbaris (PBB), fashion show batik, dan penampilan grup band musik. Nggak ketinggalan, para sahabat penyandang disabilitas pun turut digandeng dalam acara ini.

Nah, sobat Millens yang ngaku millenial rasanya juga perlu bersumpah seperti para pengunjung Youth and Millenial Festival nih. Sepakat? (Ida Fitriyah/E03)